get app
inews
Aa Read Next : Inilah Rahasia Kesuksesan Bisnis Es Krim Kekinian yang Bisa Meraup Cuan Hingga Rp10 Juta Per Hari

Kisah Elsa Alumni UGM Usaha Toko Kelontong, Awalnya Nangis Kini Sukses Raup Rp380 Juta per Bulan

Senin, 05 September 2022 | 09:00 WIB
header img
Granita Elsara, Alumni UGM Usaha Toko Kelontong, Awalnya Nangis Kini Sukses Raup Rp380 juta per bulan. (Foto: https://www.ugm.ac.id)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Ini adalah kisah alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Granita Elsara atau Elsa yang menginspirasi. Di mana dia sukses membuka usaha toko kelontong dengan omzet ratusan juta per bulan di usia yang terbilang muda.

Elsa yang diwisuda pada 25 Agustus 2022 silam sudah merintis usaha toko kelontongnya sejak masih kuliah atau tepatnya sejak September 2017. Alasan dia membuka usaha toko kelontong karena ingin mestabilkan harga barang yang dijual di toko kelontong di daerahnya yang relatif mahal lantaran berlokasi di kawasan wisata Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

"Selain berada di tempat wisata, lokasi yang jauh dari kota menjadikan biaya distribusinya juga mahal. Akhirnya (saya) terpikir membuat usaha toko kelontong untung menstabilkan harga," kata dia, dikutip dari laman UGM, Minggu (4/9/2022). 

Dia mengaku, awalnya tidak memiliki modal finansial sama sekali. Modalnya kala itu hanya kemauan untuk memulai usaha. Namun dengan kemauan tersebut, dia mendapatkan pinjaman sebesar Rp32 juta dari orang tuannya untuk belanja produk dan perlengkapan toko. 

Elsa membuka toko kelontong yang dinamai sesuai nama ibunya, yakni Warung Bu Woro di garasi rumahnya di Kaliurang Barat, Hargobinangung, Pakem, Sleman. Menurutnya, minggu-minggu awal menjalankan usaha toko kelontong merupakan waktu yang sulit karena tidak sesuai ekspektasinya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut