get app
inews
Aa Read Next : Deretan Makanan yang Bisa Menyembuhkan Insomnia, Salah Satunya Konsumsi Susu sebelum Tidur

Tujuh Buah Tinggi Asam Folat Ini Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil, Simak Ya Bun!

Jum'at, 09 September 2022 | 07:00 WIB
header img
Buah Tinggi Asam Folat Salah Satunya Adalah Mangga. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat beberapa buah tinggi asam folat untuk kesehatan ibu hamil. Seperti diketahui, asam folat bagi ibu hamil sangat bagus demi membantu tumbuh kembang janin.

Selain itu, asam folat pun berpengaruh guna mengurangi risiko bayi cacat lahir, baik untuk perkembangan IQ janin hingga mencegah kelahiran prematur.

Lantas, apa saja buah tinggi asam folat untuk kesehatan ibu hamil? Berikut informasinya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Buah Tinggi Asam Folat untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Jeruk

Buah tinggi asam folat pertama adalah jeruk. Di mana buah jeruk, jeruk bali hingga jeruk nipis kaya folat. Satu buah jeruk utuh mengandung 55 μg folat, atau sekitar 14% dari DV. 

Selain mengandung asam folat, jeruk pun banyak mengandung vitamin C sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh dan mencegah munculnya penyakit.  Asupan jeruk yang rutin bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut dan pankreas.

2. Pepaya

Salah satu buah tinggi asam folat yang tak boleh Anda lewatkan yakni Pepaya. Pasalnya, satu cangkir (140 gram) pepaya mentah mengandung 53 μg folat, yang setara dengan sekitar 13% dari DV. 

Selain itu, buah yang kaya asam folat ini juga mengandung vitamin C, potasium, dan antioksidan seperti karotenoid. Kendati demikian, wanita hamil harus menghindari pepaya mentah. Para peneliti berspekulasi makan pepaya mentah dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kontraksi dini pada wanita hamil.

3. Pisang

Sebagai buah tinggi asam folat pisang juga sangat bernutrisi, mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, pisang merupakan pembangkit tenaga dan nutrisi.

Selain itu, pisang ukuran sedang memasok 23,6 μg folat, atau 6% dari DV. Pisang juga kaya nutrisi lain, termasuk potasium, vitamin B6, dan mangan.

4. Alpukat

Buah tinggi asam folat berikutnya adalah alpukat, di mana buah ini banyak disukai karena rasanya yang enak dan creamy.

Selain rasanya yang lezat, alpukat juga buah bernutrisi yang punya kandungan asam folat. Setengah dari alpukat mentah mengandung 82 μg folat. Alpukat juga biasanya dikombinasikan dengan hidangan lain. Teksturnya yang lembut dan rasa manis seperti mentega ini ternyata kaya akan potasium dan vitamin K, C, dan B6. Sangat baik dan disarankan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Buah bit

Buah yang memiliki warna cerah dan segar ini juga kaya akan nutrisi untuk tubuh. Pasalnya. buah bit terdapat magnesium, potasium, vitamin C hingga sumber folat.

Satu mangkok buah bit mengandung 148 mcg folat, atau sekitar 37 % kebutuhan harian. Tak hanya punya kandungan mikronutrien, buah bit juga banyak mengandung nitrat, yakni senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut