get app
inews
Aa
Read Next : Pj Bupati dan Wali Kota Bekasi Bahas Tukar Guling Aset

Cegah Penularan, Pemkot Bekasi Sediakan Belasan Ribu Kondom untuk Pasangan HIV

Sabtu, 17 September 2022 | 11:25 WIB
header img
Ilustrasi Kondom. (Foto: Pixabay)

BEKASI, iNewsBekasi.id - Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyediakan sebanyak 16.560 kondom untuk mencegah penularan HIV di wilayahnya. Alokasi kondom ini juga ditujukan untuk layanan perawatan dukungan pengobatan (PDP) HIV.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menuturkan, belasan ribu kondom ini bakal disebar di rumah sakit yang melayani pengobatan HIV. Selain itu, alat kontrasepsi ini akan didistribusikan terutama pada pasangan diskordan HIV (pasangan salah satunya penderita HIV).

"Adapun tujuan pemberian kondom kepada pasangan Diskordan HIV tersebut sebagai pencegahan penularan HIV pada pasangan dikordan untuk memutuskan rantai penularan HIV," kata Tanti dalam keterangannya, Jumat (16/9/2022).

Tanti menambahkan, pemakaian kondom ini dinilai mampu mengurangi risiko penularan virus HIV hingga 95 persen. Adapun dijelaskan juga, dalam kondisi baik, orang dalam kondisi baik dapat berhubungan seks tanpa menggunakan kondom.

"Pemakaiannya mampu mengurangi risiko penularan virus HIV hingga 95 persen," jelas dia.

Meski demikian Tanti tetap mengimbau masyarakat tetap waspada meski tetap menggunakan kondom dalam berhubungan. Hal ini berkaitan dengan bisa salahnya penggunaan kondom atau terjadinya kebocoran kondom terhadap salah penyimpanan atau penggunaan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut