get app
inews
Aa
Read Next : DPC PDI P Kota Bekasi Tidak Tahu M2 Daftar Bakal Calon Wali Kota

Sewa Rp10 Ribu Tiap Bulan, Rusun untuk PMKS di Bekasi Siap Ditempati

Rabu, 21 September 2022 | 10:15 WIB
header img
Rusun Pangudi Luhur untuk PMKS. (Dok Kemensos)

BEKASI, iNewsBekasi.id - Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos), mengatakan bahwa rumah susun (rusun) bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Kementerian Sosial di Bekasi, Jawa Barat, sudah siap ditempati.

Rusun tersebut memiliki limalantai dengan kapasitas 93 unit hunian dan tipe 24. Selain itu, berbagai fasilitas juga sudah dilengkapi, warga hanya membayar sebesar 10 ribu tiap bulannya.

"Sudah ndak apa-apa, sudah diterimanya gitu aja. (Walaupun) ada yang belum ada tempat tidurnya. Nah, cuma saya pikir udah ditempati aja. Itu satu blok satu, sembilan puluh tiga kamar," kata Mensos saat ditemui wartawan di Sentra Terpadu Pangudi Luhur, Bekasi, Selasa,(20/09/2022).

Walaupun begitu, Risma mengatakan pihaknya tengah melakukan pendataan. Hal ini guna mengetahui identitas warga yang akan tinggal di rusun adalah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang asli atau tidak.

"Iya itu nanti kita cek, kita kan ada assessment. Kita assessment dulu kalau memang dia enggak punya rumah sama sekali baru kita tempatkan," tuturnya.

"Kita temukan mereka ada di kolong jembatan, terus ada yang tidur di gerobak, yang tunawisma rata-rata sama disabel. Mereka enggak punya, (rumah) maka kita masukkan," ujar dia.

Selain diberikan tempat tinggal, para eks gelandang dan pengemis itu juga akan dilatih di Balai Pangudi Luhur. Mereka akan diberdayakan secara menyeluruh mulai dari anak hingga orang tuanya dengan harapan dapat mandiri dan mampu keluar dari kemiskinan.

"Kita ajari juga mereka untuk usaha di sini supaya dia keluar dari kemiskinan," ujar mantan Wali Kota Surabaya ini.

Editor : Lely Anggoro Putri

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut