Ini Sederet Manfaat Punya Sifat Qanaah, Salah Satunya Mudah Bersyukur

Widaningsih
.
Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB
Sifat qanaah berarti selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan, dan ridho dengan ketetapan yang telah Allah SWT berikan. (Foto: HumbaFrame)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Manfaat punya sifat qanaah bagi seorang muslim ternyata banyak sekali, sebab sifat ini begitu disukai Allah Subhanahu wa ta'ala. Dalam Islam, sifat ini pun berarti selalu merasa cukup atas rezeki serta segala nikmat yang telah Allah berikan. Qana'ah merupakan ridho dengan ketetapan Allah Ta'ala dan berserah diri pada keputusan-Nya yakni segala yang dari Allah itulah yang terbaik.

Sebagai muslim, sangat dianjurkan mempunyai sifat qanaah ini. Sebagaimana Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam juga menganjurkan umatnya untuk memiliki sifat ini. Karena nyatanya akan banyak kenikmatan yang didapatkan jika kita senantiasa bersifat qanaah.

Dihimpun dari SINDONews, berikut manfaat atau kenikmatan yang akan kita peroleh dari sifat qanaah yang tertanam dalam diri ini, di antaranya:

Manfaat Punya Sifat Qanaah

1. Mudah Bersyukur

Mencari kekayaan dan harta tidak akan ada habisnya jika terus dikejar. Selamanya tak akan pernah puas. Kita akan terus merasa kurang dan berkeinginan untuk menambahnya lagi. Hal ini bisa terjadi jika kita terus melihat ke atas, pada orang-orang yang lebih segalanya di atas kita.

Cobalah untuk melihat ke bawah sejenak, mereka yang mendambakan kehidupan kita, mereka yang mungkin butuh perjuangan yang luar biasa untuk bertahan hidup, maka nantinya kita akan menjadi orang yang bersyukur atas pemberian Allah, sebagaimana yang dikatakan dalam hadis berikut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Lihatlah pada orang yang berada di bawah kalian dan janganlah perhatikan orang yang berada di atas kalian. Lebih pantas engkau berakhlak seperti itu sehingga engkau tidak meremahkan nikmat yang telah Allah anugerahkan padamu.” (HR. Ibnu Majah no. 4138).

2. Selalu Beruntung

Jika kita mampu merasa cukup atas segala nikmat dan rezeki yang telah Allah berikan, maka bersenanglah, karena kita adalah orang yang beruntung. Dari ’Abdullah bin ’Amr bin Al ’Ash, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Sungguh beruntung orang yang diberi petunjuk dalam Islam, diberi rezeki yang cukup, dan qana’ah (merasa cukup) dengan rezeki tersebut.” (HR. Ibnu Majah).

3. Mendapatkan Dunia Seluruhnya

Sesungguhnya qanaah akan membuat diri kita merasa bahagia, selalu merasa cukup atas pemberian Allah. Bahkan jika hanya hal-hal terkecil sekalipun. Sanking bahagianya,maka ia akan merasa bahwa seakan-akan dunia terkumpul pada dirinya.

Dari Ubaidillah bin Mihshan Al-Anshary radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah).

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini