Ini Sederet Manfaat Punya Sifat Qanaah, Salah Satunya Mudah Bersyukur

Widaningsih
.
Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB
Sifat qanaah berarti selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan, dan ridho dengan ketetapan yang telah Allah SWT berikan. (Foto: HumbaFrame)

4. Hidup Apa Adanya, Maka akan Terhindar dari Hutang

Orang yang memiliki sifat qanaah akan selalu merasa cukup atas apa yang dimilikinya. Oleh karena itu ia pasti akan menghindari hutang yang sifatnya hanya untuk memuaskan standar hidup masyarakat atau membeli barang-barang yang sebenarnya tidak ia butuhkan dan tak mendesak sifatnya. Agar kita bisa memiliki sifat qanaah, maka berdoalah kepada Allah sebagaimana yang Rasulullah bacakan dalam doa ini,

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

“Ya Allah, aku meminta kepada-Mu petunjuk (dalam ilmu dan amal), ketakwaan, sifat ‘afaf (menjaga diri dari hal yang haram), dan sifat ghina’ (hati yang selalu merasa cukup atau qana’ah).” (HR. Muslim)

‘Afaf artinya menjaga iffah, menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik, termasuk juga menjauhkan diri dari syubhat (hal yang masih samar). Imam Nawawi rahimahullah menyatakan, “’Afaf adalah menahan diri dari yang haram, juga menjauhkan dari hal-hal yang menjatuhkan kehormatan diri. Ulama lain mengungkapkan ‘iffah (sama dengan ‘afaf) adalah menahan diri dari yang tidak halal.” (Syarh Shahih Muslim, 12: 94)

5. Melindungi diri dari sifat iri dan hasad

Saat kita merasa cukup atsa apa yang dimiliki, maka rasa iri atau tak suka pada kenikmatan orang lain maka akan luntur dengan sendirinya. Karena kita yakin dan sadar bahwa semua orang memiliki rezekinya masing-masing yang telah Allah tetapkan. Dengan begitu hati kita akan menjadi tenang kapanpun dan dimanapun. Seperti dalam firman Allah Ta'ala:

أَهُمْ يَقْسِمُونَ رَحْمَتَ رَبِّكَ ۚ نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُم مَّعِيشَتَهُمْ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۚ وَرَفَعْنَا بَعْضَهُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَٰتٍ لِّيَتَّخِذَ بَعْضُهُم بَعْضًا سُخْرِيًّا ۗ وَرَحْمَتُ رَبِّكَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Rabbmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (QS. Az-Zukhruf : 32)

Semoga kita bisa terus menjadi pribadi yang selalu merasa cukup atas pemberian Allah, karena sejatinya orang yang kaya adalah bukan soal harta, tetapi mereka yang kaya hati, selalu bersyukur dan bahagia.

Wallahu A'lam.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini