get app
inews
Aa Read Next : Keamanan Digital, Kunci Menuju Masyarakat Digital yang Cerdas

Malware Chaos Serang Ratusan Perangkat Linux dan Windows

Jum'at, 30 September 2022 | 17:41 WIB
header img
Malware Chaos Serang Ratusan Perangkat Linux dan Windows, Selalu Lakukan Pembaruan Perangkat. (Foto: Threatpost)

Chaos juga memiliki berbagai kemampuan, termasuk menghitung semua perangkat yang terhubung ke jaringan yang terinfeksi, menjalankan shell jarak jauh yang memungkinkan penyerang untuk mengeksekusi perintah, dan memuat modul tambahan.

Kemampuan tersebut, telah membuat Black Lotus Labs menduga-duga bahwa malware Chaos ini adalah pekerjaan penjahat dunia maya yang mengembangkan jaringan perangkat telah terinfeksi untuk dieksploitasi pada akses awal.

Black Lotus Labs percaya, Chaos adalah cabang dari Kaiji, perangkat lunak botnet server AMD dan i386 berbasis Linux untuk melakukan serangan DoS (Denial of Service).

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran malware Chaos adalah menjaga agar semua router, server, dan perangkat lain sepenuhnya telah termutakhir, serta menggunakan kata sandi yang bersifat unik.

Pertimbangkan untuk memulai ulang perangkat setiap minggu atau lebih. Bagi yang menggunakan SSH (Secure Shell), harus selalu menggunakan kunci kriptografik untuk autentikasi dan otorisasi.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut