get app
inews
Aa Read Next : Terinspirasi Tri Sakti Bung Karno, M2 Mantap Maju Pilkada Kota Bekasi

UGM Berikan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Bung Karno dan Bung Hatta, Begini Kisahnya

Minggu, 28 November 2021 | 09:01 WIB
header img
UGM atau Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta pernah memberikan gelar doktor honoris causa untuk Proklamator Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta. (Foto: Dok)

UGM atau Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta pernah memberikan gelar Doktor Honoris Causa untuk Proklamator Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta.

Namun penganugerahan gelar tersebut dilakukan pada tahun yang berbeda. Diketahui, honoris causa merupakan sebuah gelar yang diberikan kepada seseorang oleh perguruan tinggi sebagai penghormatan atas jasa-jasanya yang luar biasa dalam bidang ilmu atau dalam bidang kemasyarakatan.

Sejak resmi berdiri pada tanggal 19 Desember 1949, UGM telah memberikan gelar doktor honoris causa kepada puluhan tokoh nasional dan internasional dalam berbagai disiplin bidang ilmu.

Dua di antara tokoh tersebut adalah Soekarno dan Mohammad Hatta. Soekarno menerima gelar doktor honoris causa dari UGM dalam bidang Ilmu Hukum pada tanggal 19 September 1951.

Dikutip dari alumni.ugm.ac.id, upacara pemberian gelar dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka Promosi Honoris Causa dalam Ilmu Hukum kepada PJM. Ir. Soekarno, Presiden RI, di Siti Hinggil Keraton Yogyakarta.

Bertindak sebagai promotor adalah Sekretaris Senat Universitas, Guru Besar dalam Pengantar Ilmu Hukum dan Filsafat Hukum Universitas Gadjah Mada, Prof. Mr. Drs. Notonagoro dengan pidato berjudul “Pantjasila Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia".

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut