get app
inews
Aa
Read Next : Tersentuh Usai Dengar Adzan, Bule Cantik Ini Tak Jadi Bunuh Diri hingga Mantap Ucap Syahadat

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk?

Selasa, 04 Oktober 2022 | 06:48 WIB
header img
5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk. (Foto: BBC Indonesia)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Berlian memiliki keindahan dan nilai jual yang fantastis. Bahkan beberapa negara ini mampu menghasilkan puluhan juta karat berlian dalam setahun.

Berlian terbentuk berjuta-juta tahun lalu didalam lapisan bumi paling dalam. Dimana tersusun dari lapisan karbon murni yang kemudian terkristalisasi hingga menjadi batu alam paling keras dan berkualitas.

Berlian

Karena bentuk keindahannya, batu alam ini banyak diminati untuk dibuat menjadi berbagai macam perhiasan mewah. Sebenarnya tak hanya digunakan sebagai perhiasan, dalam dunia industri batu berlian digunakan sebagai alat untuk memotong bebatuan keras di bumi lainnya.

Sebagai komoditi barang mewah, berlian mendatangkan kekayaan bagi negara penghasil berlian itu sendiri. Dalam artikel ini akan membahas 5 negara penghasil berlian teratas di dunia.

5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia

5. Afrika Selatan

Berlian aluvial menjadi berlina pertama yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1869. Provinsi Gauteng menjadi salah satu wilayah yang sangat berpotensi dalam menghasilkan berlian. Setiap tahunnya Afrika Selatan mampu menghasilkan 9,72 juta karat berlian.

4. Australia
Australia juga salah satu negara penghasil berlian terbesar di dunia. Australia memasuki produksi komersial pada 1981 dan dengan cepat menjadi produsen berlian berkualitas permata. Dalam beberapa tahun terakhir, produksi di Australia telah turun tajam karena cadangan di sana telah habis dengan penemuan yang tidak mencukupi untuk menggantikannya.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut