get app
inews
Aa Read Next : Arkeolog Temukan Harta Karun Menakjubkan di China, Ada 13 Ribu Artefak Perunggu hingga Giok

Arkeolog di Polandia Kedapatan Liontin Kuno Berusia 41.500 Terbuat dari Gading Berukuran Jumbo

Selasa, 30 November 2021 | 12:45 WIB
header img
Arkeolog di Polandia Kedapatan Liontin Kuno Berusia 41.500 Yang Terbuat Dari Gading Berukuran Jumbo (Foto: dok).

iNews.id - Di Polandia, para arkeolog kedapatan sisa-sisa liontin yang diperkiraan berusia 41.500 tahun yang terbuat dari gading berukuran jumbo. Liontin ini diperkirakan perhiasan tertua yang pernah dibuat oleh manusia modern di Eurasia.

Liontin itu ditemukan selama penggalian arkeologi yang dilakukan di Gua Stajnia, Polandia, pada 2010. Hasil penelitian radiokarbon baru-baru ini menyebutkannya, liontin itu berusia sekitar 41.500 tahun.

Dikutip Live Science, Selasa (30/11/2021), dekorasi liontin termasuk pola lebih dari 50 tanda tusukan dalam kurva looping yang tidak beraturan.

Mereka mencatat bahwa setiap tusukan di liontin itu dapat mewakili perburuan hewan yang sukses atau siklus bulan atau matahari.

"Ini adalah perhiasan tertua yang diketahui dari jenisnya di Eurasia. Kami bisa menetapkan tanggal awal baru yang berhubungan langsung dengan penyebaran Homo sapiens modern di Eropa," tulis para peneliti dalam makalah tersebut.

Pemimpin peneliti dari Universitas Bologna di Italia, Sahra Talamo mengatakan, liontin itu kemungkinan dikenakan di leher seseorang.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut