get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara yang Tolak TikTok Harus Kamu Ketahui, Yuk Cari Tahu Alasannya

Arkeolog Temukan Harta Karun Menakjubkan di China, Ada 13 Ribu Artefak Perunggu hingga Giok

Selasa, 20 Desember 2022 | 19:29 WIB
header img
Arkeolog Temukan Harta Karun Menakjubkan di China, Ada 13 Ribu Artefak Perunggu hingga Giok. Foto: Xinhua

BEIJING, iNewsBekasi.id - Arkeolog belum lama ini bikin sejumlah penemuan menakjubkan di situs Reruntuhan Sanxingdul yang populer di Provinsi Sichuan, China barat daya. Di mana temuan harta kartun tersebut yakni barang-barang perunggu, emas serta giok yang begitu indah.

Termasuk sedikitnya 10 barang-barang perunggu yang digali untuk pertama kalinya dalam sejarah peradaban manusia. Penemuan baru ini sebagian besar dari lubang pengorbanan No.7 dan No.8, jadi jumlah total barang yang ditemukan dari enam lubang di situs sejarah Sanxingdui hampir 13.000 artefak.

Dikutip dari kantor berita Xinhua, tim gabungan arkeolog dari Lembaga Penelitian Arkeologi dan Peninggalan Budaya Provinsi Sichuan, Universitas Peking, Universitas Sichuan, dan lembaga penelitian serta universitas lainnya, telah melakukan penggalian enam lubang kurban di situs ini sejak tahun 2020.

Sebuah kotak perunggu dengan giok hijau di dalamnya, yang ditemukan di lubang No 7, adalah sorotan di antara artefak yang baru ditemukan. Bagian atas dan bawah kotak ditutupi dengan tutup retikulat berbentuk kura-kura.

Kemudian, sisi kotak dihiasi dengan engsel perunggu, pegangan berbentuk kepala naga, dan beberapa pita perunggu. Analisis microtrace mengungkapkan bahwa kotak itu dibungkus dengan sutra.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut