get app
inews
Aa Read Next : Cukur Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Jaga Peluang ke Piala Dunia

Mengenal Kehidupan Suku Bajo yang Ada di Tiga Negara, Ahli Menyelam dalam Waktu yang Lama

Senin, 24 Oktober 2022 | 08:00 WIB
header img
Suku Bajo dapat ditemukan di tiga negara, Ahli menyelam dengan waktu yang lama di dalam air.(Foto: Jojon/Antara Foto)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Indonesia kaya akan keindahan alam dan punya banyak suku mulai dari Barat sampai Timur. Salah satunya ialah Suku Bajo.

Apakah Anda pernah dengar nama Suku Bajo (Bajau)? Suku ini pun adalah salah satu suku yang mempunyai kemampuan luar biasa. Di mana kelompok tersebut miliki keahlian dapat menyelam selama 13 menit di kedalaman hingga 200 kaki.

Dihimpun dari Celebrities.id, Senin (24/10/2022) Suku Bajo hidup dan bisa dijumpai di sekitar tiga negara yaitu Filipina, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia, Suku Bajo tersebar di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia bagian timur lainnya.

Sejarah mengatakan, suku ini berasal dari Kepulauan Sulu di Filipina Selatan yang hidup di lautan lepas, hingga membawa mereka masuk ke negara tercinta ini, Tanah Air Indonesia.

Daya tarik dari orang-orang nomaden ini adalah dapat bertahan di air dengan waktu tersebut, itu menjadi hal yang jarang bisa orang lain lakukan pada umumnya. Dalam studi yang dipublikasikan pada jurnal Cell memberikan petunjuk pertama, bahwa mutasi DNA untuk limpa yang lebih besar memberikan suku Bajau keuntungan genetis. Sehingga bisa hidup di kedalaman laut dengan waktu yang terbilang sangat lama

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut