get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Total

6 Amalan yang Dianjurkan saat Terjadi Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Senin, 07 November 2022 | 20:31 WIB
header img
Daftar amalan yang dianjurkan saat terjadi gerhana bulan total. (Foto: Huffington Post)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Fenomena gerhana bulan total (GBT) akan terjadi pada 8 November 2022. Bagi Muslim, ada beberapa amalan saat terjadi gerhana bulan total yang dianjurkan untuk dikerjakan. 
 
Dilansir dari laman BMKG, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan-matahari-bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra (bayangan inti) bumi. 

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru. 

Sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan sholat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian maupun total. 

Rasulullah SAW bersabda:

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Artinya: "Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah." (HR. Bukhari dan Muslim) 

Hadits di atas jelas menyiratkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan tuntunan syariat yang mulia ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, antara lain sholat gerhana (khusuf), dzikir, istihfar, doa dan sedekah.

Daftar Amalan saat terjadi Gerhana Bulan Total

1. Mandi Sunnah 

Mandi sunnah sebelum melaksanakan sholat gerhana adalah salah satu amalan yang dianjurkan. Sebab, shalat gerhana ini disunnahkan untuk dikerjakan dengan berjamaah.

2. Sholat Gerhana

Amalan saat terjadi gerhana bulan total 8 November 2022 selanjutnya yaitu melaksanakan sholat khusuful qomar atau sholat gerhana. 

Dalil sholat gerhana bulan yakni hadits Nabi SAW:

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا

Artinya: "Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat." (HR. Bukhari) 

Shalat gerhana bulan disyariatkan kepada siapa saja, baik dalam keadaan muqim di negerinya atau dalam keadaan safar, baik untuk laki-laki atau untuk perempuan. Atau diperintahkan kepada orang-orang yang wajib melakukan shalat Jumat. 

Sholat gerhana dilakukan tanpa didahului dengan azan atau iqamat. Yang disunnahkan hanyalah panggilan shalat dengan lafaz "As-Shalatu Jamiah". 

3. Membaca Doa 

Amalan saat terjadi gerhana bulan selanjutnya yakni disunnahkan untuk memperbanyak doa, dzikir, takbir dan sedekah, selain shalat gerhana itu sendiri. 

"Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah. (HR. Bukhari Muslim). 

Doa yang bisa dipanjatkan yaitu:

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا

Artinya: "Ya Allah, sungguh kami memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah maha pengampun."

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau (dari segala kekurangan), maka (ampunilah segala kesalahan penjelahan intelektual kami dan) peliharalah Kami dari siksa neraka."

4. Banyak Berdzikir dan Istighfar

Amalan saat terjadi gerhana bulan lainnya yakni banyak berdikir dan istighfar dengan mengucapkan takbir, tahmid dan tahlil. 

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Artinya: "Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah." (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Bertaubat 

Dalam khutbah sholat gerhana Rasulullah SAW menganjurkan untuk bertaubat dari dosa serta untuk mengerjakan kebajikan dengan bersedekah, doa dan istighfar (minta ampun). Berikut doa taubat.

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Artinya: "Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat Islam."

6. Bersedekah 

Sedekah juga merupakan amalan saat terjadi gerhana bulan yang disunnahkan. Sebab, banyak keutamaan dalam sedekah.

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Artinya: "Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian ulasan mengenai amalan yang dianjurkan saat terjadi gerhana bulan total 8 November 2022.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut