get app
inews
Aa Read Next : 6 Amalan yang Dianjurkan saat Terjadi Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Total

Selasa, 08 November 2022 | 09:07 WIB
header img
Ilustrasi niat dan tata cara sholat gerhana bulan total. Foto: Dok. MPI

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Umat Islam diimbau melaksankan sholat gerhana bulan total pada hari ini, Selasa (8/11/2022). Di mana sholat khusuf itu dikerjakan berbarengan dengan berlangsungnya fenomena alam gerhana bulan.

Kemenag menjelaskan, berdasarkan data astronomis, gerhana bulan total (GBT) kali ini bakal terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Peristiwa ini berlangsung mulai pukul 17.17 WIB/18.17 WITA/19.17 WIT dan berakhir pukul 19.49 WIB/20.49 WITA/ 21.49 WIT.

"Insya Allah pada 8 November 2022 akan terjadi gerhana bulan total di seluruh wilayah Indonesia," ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat 4 November 2022, dilansir Kemenag.go.id.

Adapun tata cara sholat gerhana bulan total adalah sebagai berikut:

a. Berniat di dalam hati;

b. Takbiratul ihram, yaitu bertakbir sebagaimana sholat biasa;

c. Membaca doa iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca Surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti Surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih) sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah: "Nabi Shallallahu alaihi wassallam menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika sholat gerhana." (HR Bukhari nomor 1065 dan Muslim: 901); 
 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut