get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Total

6 Amalan yang Dianjurkan saat Terjadi Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Senin, 07 November 2022 | 20:31 WIB
header img
Daftar amalan yang dianjurkan saat terjadi gerhana bulan total. (Foto: Huffington Post)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Fenomena gerhana bulan total (GBT) akan terjadi pada 8 November 2022. Bagi Muslim, ada beberapa amalan saat terjadi gerhana bulan total yang dianjurkan untuk dikerjakan. 
 
Dilansir dari laman BMKG, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi bulan-matahari-bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra (bayangan inti) bumi. 

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru. 

Sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan sholat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian maupun total. 

Rasulullah SAW bersabda:

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Artinya: "Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah." (HR. Bukhari dan Muslim) 

Hadits di atas jelas menyiratkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan tuntunan syariat yang mulia ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, antara lain sholat gerhana (khusuf), dzikir, istihfar, doa dan sedekah.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut