get app
inews
Aa
Read Next : BMKG Perkirakan Puncak Musim Kemarau di Indonesia Terjadi pada Juli-Agustus 2023

BMKG Catat Ada 25 Gempa Susulan Usai M 5,6 di Cianjur, Warga Diimbau Waspada

Senin, 21 November 2022 | 17:53 WIB
header img
BMKG Catat Ada 25 Gempa Susulan Usai M 5,6 di Cianjur. Foto: Ilustrasi/Dok. iNews.id

JAKARTA, iNewsBekasi.id - BMKG mencatat, ada 25 gempa susulan setelah gempa dengan magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

Gempa berpusat di 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km, Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 25 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 4 dan terkecil 1,8," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring.

Selain itu, kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau modified mercalli intensity, di antaranya wilayah Cianjur V-VI MMI dan Garut serta Sukabumi IV–V MMI.

Kemudian, Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, dan Bayah III MMI, serta Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta dan Depok II–III MMI.

"Ada kerusakan bangunan ruko serta tercatat terjadi longsor di wilayah Cianjur, akibat dari gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan nahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ucap dia.

Dia mengimbau supaya masyarakat tetap tenang dan tak terpengaruh atas isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut