get app
inews
Aa Read Next : BMKG Perkirakan Puncak Musim Kemarau di Indonesia Terjadi pada Juli-Agustus 2023

BMKG Imbau Warga Cianjur Waspadai Ancaman Banjir Bandang, Berikut Lima Tips Siaga Menghadapinya

Jum'at, 25 November 2022 | 08:39 WIB
header img
Banjir Bandang. Foto: Dok. Okezone

Tidak hanya di Cianjur, tapi banjir bandang tetap sangat bisa untuk juga terjadi daerah sekitar kita, maka penting bagi kita semua untuk bisa mengetahui mengenai apa saja yang perlu dilakukan selama banjir bandang berlangsung di sekitar kita. Melansir laman resmi Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI, Kamis (24/11/2022), berikut 5 tips siaga menghadapi banjir bandang.

1. Sigap evakuasi diri: Apabila terjadi banjir, segera mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

2. Waspada debit air: Waspada terhadap arus bawah, saluran air, kubangan, dan tempat-tempat lain yang tergenang air.

3. Matikan listrik: Jika sudah ada instruksi dari pihak berwenang, segera matikan semua jaringan listrik. Cabut semua alat yang masih tersambung dengan listrik dan jangan sampai menyentuh peralatan yang bermuatan listrik apabila Anda berdiri di atas atau di dalam air.

4. Hindari naik mobil: Sebisa mungkin jangan mengemudikan mobil di wilayah banjir. Apabila air mulai naik, abaikan mobil dan segera keluar ke tempat yang lebih tinggi.

5. Lihat saluran air: Waspada saluran air atau tempat melintasnya air, yang kemungkinan akan dilalui oleh arus yang deras karena seringnya banjir bandang tiba tanpa peringatan apa pun.

Dengan memahami apa yang perlu dilakukan selama terjadinya banjir bandang di sekitar ini, diharapkan bisa meminimalisir korban bencana akibat tersapu arus banjir bandang.

Apabila ada anggota keluarga atau tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat banjir bandang, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat atau meminta bantuan tenaga medis profesional agar ditangani dengan tepat.

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "BMKG Peringatkan Ancaman Banjir Bandang Usai Gempa Cianjur, Ini 5 Tips Siaga Menghadapinya".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut