Logo Network
Network

Jumat Berkah Baca Surat Al Kahfi, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya di Alquran Digital Okezone

Hantoro, Jurnalis
.
Jum'at, 25 November 2022 | 09:04 WIB
Jumat Berkah Baca Surat Al Kahfi, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya di Alquran Digital Okezone
Jumat Berkah Baca Surat Al Kahfi. (Foto: Istimewa)

iNewsBekasi.id - Salah satu hari yang banyak keistimewaannya yaitu Hari Jumat. Setiap hari Jumat, Allah SWT membuka pintu ampunan, doa dikabulkan dan amal baik dijanjikan pahala yang sangat besar. 

Maka dari itu, setiap hari Jumat, umat muslim disarankan melakukan berbagai kegiatan sunnah untuk memperbanyak pahala dan menambah ketakwaan.

Selain itu, sederet amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW di hari jumat yakni membaca surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi terdiri dari 110 ayat dan berada di urutan ke-18 dalam Alquran. Surat ini memiliki arti "Para Penghuni Gua" dan termasuk golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Adapun keistimewaan membaca Surat Al Kahfi sangatlah luar biasa besar. Setiap Muslim yang membacanya pada malam Jumat hingga batasnya Jumat sore keesokannya bakal dikaruniai cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dipaparkan dalam laman Rumaysho, dai muda asal Yogyakarta Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengatakan dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi nomor 3470 dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahihul Jami' 6471) 

Selanjutnya dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim nomor 6169, Baihaqi: 635, dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahihul Jami’ 6470)

Kemudian dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini