Doa saat Melihat Orang Lain Kena Musibah Termasuk Gempa, Lengkap dengan Arab dan Artinya

Hantoro, Jurnalis
.
Jum'at, 25 November 2022 | 18:55 WIB
Ilustrasi membaca doa ketika mendengar atau melihat orang lain mengalami musibah, termasuk gempa. (Foto: Shutterstock)

iNewsBekasi.id - Doa ketika melihat orang lain tertimpa musibah sangatlah penting. Yang mana umat muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan suka maupun duka, termasuk saat mendengar atau melihat orang lain mengalami musibah, termasuk gempa. Seperti diketahui, baru saja terjadi musibah gempa Cianjur berkekuatan magnitudo 5,6 dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Dilansir dari Okemuslim, dai muda asal Yogyakarta Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan jika ada orang tertimpa musibah apa pun, sakit berat, sampai pada musibah dalam hal agama, maka baiknya mengamalkan doa berikut ini.

Dari Ibnu 'Umar, dari bapaknya 'Umar radhiyallahu 'anhuma berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلاَءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً إِلاَّ عُوفِىَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلاَءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ

"Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu dia mengucapkan: Alhamdulillahilladzi 'aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii 'ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa'

(Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya).

Kalau kalimat itu diucapkan, maka dia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa dia hidup."

(HR Tirmidzi nomor 3431; Ibnu Majah: 3892. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan hadits ini dha'if dan penguatnya, syawahidnya juga dha'if. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini hasan) 

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini