7 Cara Mengatasi Wifi Lemot Tanpa Perlu Panggil Teknisi

Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi
.
Rabu, 30 November 2022 | 09:19 WIB
Cara Mengatasi Wifi Lemot Tanpa Perlu Panggil Teknisi. (Foto: Engadget)

BEKASI, iNewsBekasi.id - Apakah Anda sedang mencari tutorial, tips atau cara mengatasi wifi lemot tanpa perlu panggil teknisi? Maka tepat sekali berada di artikel ini. Koneksi wifi yang lemot tentu menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri. 

Pasalnya, di era modernisasi ini kita hidup sangat bergantung pada koneksi internet.

Anda tahu koneksi wifi yang lemot juga dapat disebabkan oleh berbagai hal? Ya benar, selain jaringan layanan provider yang bermasalah atau sedang terjadi perbaikan, penyebab lain dari wifi lemot juga bisa terjadi.

Seperti, terlalu banyak perangkat yang mengakses jaringan wifi Anda, posisi router wifi yang terhalang benda atau dinding yang menyebabkan interferensi, jarak router wifi yang terlalu jauh, dan lain sebagainya. Berikut tips mengatasi wifi lemot di laptop, hp Android, iPhone, PC,  yang telah iNewsBekasi.id rangkum dari berbagai sumber.

Panduan dan Tata Cara Mengatasi Wifi Lemot Tanpa Perlu Panggil Teknisi

7. Mengubah Settingan Bandwidth

Pertama Anda lakukan adalah mengubah settingan bandwidth. Pastikan moden Anda sudah dalam keaadan menyala, kemudian tunggu sekitar 20 - 30 menit.

Jika wifi masih lemot, maka lakukan settingan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar. Selain itu, Anda juga dapat melakukan manajemen bandwidth dengan perangkat tambahan seperti mikrotik router.

6. Menggunakan Wifi Switcher

Selanjutnya Anda dapat mengunduh wifi switcher di Play Store. Setelah proses instalasi aplikasi selesai, kemudai klik izinkan agar wifi switcher berfungsi.

Kemudian jalankan aplikasi wifi switcher dan pilih menu untuk membantu agar koneksi wifi Anda stabil dan lebih cepat.

5. Menggunakan ISP dengan Koneksi Terbaik

Cara mengatasi wifi lemot lainnya adalah dengan menggunakan layanan Internet service provider (ISP) terbaik dan tercepat. 

4. Restart Router

Melakukan restart terhadap router dapat mengatasi masalah wifi lemot. Caranya adalah dengan mematikan router melalui tombol power atau Anda bisa juga mencabut langsung kabel adaptornya.

Tunggu sekitar 30 detik, kemudia hidupkan kembali router.

3. Upgrade Paket Wifi

Cara mengatasi wifi lemot juga diakibatkan karena paket internet Anda yang sudah tidak dapat mengakomodasi kebutuhan Anda, disarankan untuk melakukan upgrade paket wifi Anda.

Lakukan upgrade layanan paket dengan kecepatan yang lebih tinggi dari paket sebelumnya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini