Naik! Harga Telur Ayam Capai Rp30.200 per Kilogram, Ini Penyebabnya

Advenia Elisabeth/MPI
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 08:39 WIB
Harga Telur Ayam Capai Rp30.200 per Kilogram. Foto: Dok. Okezone

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Menjelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), beberapa komoditas pangan pun merangkak naik. Di mana salah satunya yakni harga telur ayam.

Dari data harga di Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2PK) Kementerian Perdagangan pada Jumat (2/12/2022), harga telur ayam tembus Rp30.200 per kg atau naik Rp200 dibandingkan hari sebelumnya.

Padahal untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang Nataru, Badan Pangan Nasional telah menetapkan harga acuan penjualan/pembelian (HAP) terhadap telur ayam di tingkat konsumen sebesar Rp27.000 per kg.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi menjelaskan, salah satu faktor penyebab kenaikan harga telur ayam yaitu kenaikan harga input produksi terutama jagung pakan.

"Maka dari itu, tata kelola jagung nasional harus diperkuat karena berdampak secara signifikan terhadap harga pokok produksi telur dan produk peternakan unggas lainnya, mengingat jagung merupakan salah satu komponen pakan unggas yang banyak digunakan," ujarnya dalam keterangan resmi hari ini.

Lebih lanjut Arief menerangkan, pihaknya telah menyiapkan solusi alternatif untuk meredam harga telur yang terpantau merangkak naik jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. Di antaranya terus meningkatkan Gerakan Pangan Murah melalui kegiatan semacam bazar atau operasi pasar yang menjual komoditas pangan dengan harga terjangkau.

“Tim kami tengah mengumpulkan data kebutuhan bazar pangan di seluruh Indonesia. Kita akan jadwalkan di seluruh Indonesia bekerjasama dengan Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, Asosiasi, dan BUMN,” ucapnya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini