get app
inews
Aa Read Next : Cegah Penularan, Pemkot Bekasi Sediakan Belasan Ribu Kondom untuk Pasangan HIV

Apa Itu FWB atau Friends with Benefits? Ini Arti dan Sederet Bahayanya

Senin, 05 Desember 2022 | 07:00 WIB
header img
Apa Itu FWB atau Friends with Benefits. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Saat ini tak sedikit anak muda yang kerap menjalin hubungan FWB. Lantas, apa itu FWB? Nah, FWB adalah kepanjangan dari Friends with Benefits. Di mana contohnya ini umumnya dilakukan seseorang yang cuma ingin punya hubungan tanpa terikat, namun saling menguntungkan.

Dilansir Bride, biasanya seseorang memilih FWB karena pernah memiliki pengalaman traumatis dalam hubungan cinta di masa lalu. Serta tidak siap untuk terbuka secara emosional serta berkomitmen.

Contohnya dalam FWB yakni hubungan seksual. Seseorang yang sudah menjalin hubungan romantis terbuka hanya untuk memenuhi kebutuhan seksual juga masuk dalam istilah tersebut.

Hubungan FWB tidak memiliki komitmen serta tidak bersifat mengikat seperti hubungan pacaran atau suami istri. Ini artinya, seseorang yang melakukan FWB bebas untuk menjalin hubungan dengan orang lain

Nah, berikut penyebab memilih FWB:

1. Tidak Ingin Berkomitmen

Belum memiliki keinginan berkomitmen menjadi alasan utama seseorang memilih FWB daripada jenis hubungan asmara lainnya.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa FWB adalah hubungan tanpa komitmen, sehingga saat melakukannya seseorang tidak bertanggung jawab menjaga perasaan partnernya, karena sejak awal kedua belah pihak telah setuju untuk menjalani hubungan tersebut.

Alasan ini tak jarang digunakan oleh golongan dewasa muda yang sedang semangat membangun karir. Keinginan fokus pada karir dan semakin tingginya tuntutan dunia kerja membuat seseorang menunda memulai hubungan serius dan memilih untuk melakukan FWB.

2. Rasa “Aman” sebagai Teman

Karena diawali dengan hubungan pertemanan, pasangan yang melakukan FWB umumnya lebih mengenal satu sama lain. Ini membuat mereka lebih paham hal apa saja yang harus dilakukan serta dihindari agar pasangannya merasa aman. Oleh karena itu, pasangan FWB menjadi lebih nyaman saat melakukan eksplorasi hubungan seksual.

3. Hanya Ingin Merasa Puas

Hubungan FWB merupakan hubungan sementara hanya berdasarkan kesenangan sesaat. Seringkali hubungan FWB hanya berlangsung beberapa pekan atau beberapa bulan saja.

Namun, ternyata di balik kesenangan dan kemudahannya, hubungan FWB ini berbahaya, baik dari segi fisik maupun mental. Simak yuk, bahayanya!

1. Ini hanya hubungan sementara, jangan berharap lebih

Hubungan FWB merupakan hubungan sementara hanya berdasarkan kesenangan sesaat. Seringkali hubungan FWB hanya berlangsung beberapa pekan atau beberapa bulan saja.

Jadi sebaiknya kamu jangan berharap lebih saat menjalani FWB, apalagi berharap dinikahi? Sepertinya sulit sekali ya. Jika ekspektasimu berlebihan kepadanya, ditakutkan kamu hanya akan sakit hati. Apa yang mau diharapkan dari pasangan FWB?

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut