Logo Network
Network

Simak Ya, Ini Daftar BLT dan Bansos yang Cair Desember 2022

Nadya Kurnia
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 07:00 WIB
Simak Ya, Ini Daftar BLT dan Bansos yang Cair Desember 2022
Daftar BLT dan Bansos yang Cair Desember 2022. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat sejumlah BLT dan Bansos yang bakal cair sampai akhir tahun mendatang, di mana nilai bantuan mulai dari Rp200 ribu hingga Rp3,5 juta. Penyalurannya pun akan dilakukan melalui Pos Indonesia atau jaringan bank pemerintah.

Apabila Anda ingin tahu apakah Anda memenuhi kriteria untuk menerima bantuan, ingat-ingatlah program BLT dan bansos berikut ini untuk mencari persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Pasalnya, semua penerima program bantuan ini telah dianggap masuk dalam persyaratan yang layak untuk menerima dana bantuan dari pemerintah.

BLT dan Bansos yang akan Cair

1. BLT Subsidi Gaji

Bantuan Subsidi Upah (BSU) bernilai Rp600.000 untuk tiap penerima. Pencairannya dilakukan lewat PT Pos Indonesia dan bank-bank Himbara.

2. BLT BBM

Bantuan langsung tunai untuk BBM ini sebenarnya telah memasuk tahap dua. Tahap pertama telah dilakukan pada pertengahan tahun lalu. Nilai dari bantuan ini adalah Rp300.000 dan dicairkan lewat Pos Indonesia

3. Bansos PKH

Bantuan sosial Program Keluarga Harapan ini telah memasuki tahap empat. Pada tahap empat ini, bantuan disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat. Tiap-tiap keluarga akan menerima mulai dari Rp200.000 hingga Rp3,5 juta, tergantung hak penerima.

Besaran nilai bantuan ini didasarkan pada beberapa aspek, yakni kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan. Untuk kesehatan, ada BLT ibu hamil dengan besaran Rp3 juta selama tahun.

Untuk pendidikan, ada Rp900.000 per tahun jika keluarga penerima manfaat memiliki anak yang masih bersekolah SD. Jika sang anak sudah SMP, maka bantuan akan ditambah Rp1,5 juta. Jika sang anak sudah SMA, maka bantuannya akan naik jadi Rp2 juta per tahun.

Pada aspek kesejahteraan, jika keluarga penerima manfaat memiliki anggota keluarga yang cacat,  maka akan mendapat tambahan bantuan sosial Rp2,4 juta per tahun.

4. Bantuan Pangan Nontunai

BPNT atau bansos sembako ini sudah memasuki tahap empat, dan akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat. Nilai bantuan ini adalah Rp200.000 per orang. Informasi tentang program ini dapat dilihat di https://cekbansos.kemensos.go.id./

5. BLT Dana Desa

Dana desa dicairkan tiap tahun, dan proses pencairannya bertahap hingga akhir tahun. Besaran bantuan ini adalah Rp300.000 per orang, penerimanya adalah masyarakat miskin di desa-desa, masyarakat yang terkena PHK karena Covid-19, dan masyarakat yang belum menerima bantuan lain.

Informasi tentang program ini dapat diakses di https://sid.kemendesa.go.id/

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.