get app
inews
Aa Read Next : Intip Rumah Megah Bernuansa Putih di Perkampungan, Ternyata Milik Keluarga Erina Gudono

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Ikuti Upacara Adat Siraman, Ini Maknanya

Jum'at, 09 Desember 2022 | 16:47 WIB
header img
Kaesang Pangarep Ikuti Upacara Adat Siraman. Foto: Facebook Presiden Joko Widodo

YOGYAKARTA, iNewsBekasi.id - Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, mereka terlebih dahulu melakukan serangkaian prosesi adat Jawa. Di antaranya ialah siraman.

Seperti diketahui, Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Yogyakarta pada 10 Desember 2022 besok. Sebelum melangsungkan akad baik Kaesang dan Erina menjalani siraman di kediamannya masing-masing.

Prosesi siraman sendiri biasanya dilakukan oleh orangtua calon pengantin dan atau perwakilan keluarga serta orang yang dituakan. Biasanya, air siraman diambil dari 7 sumber berbeda.

Lalu seperti apa makna siraman bagi pengantin menurut adat Jawa. Dikutip dari jurnal terbitan IAIN Surakarta, hakikat dari upacara siraman sendiri bukan hanya sekedar membersihkan kotoran dari badan, tetapi juga membersihkan jiwa. Membersihkan jiwa dari noda, dosa dan perilaku tidak baik.

Siraman juga biasa difungsikan untuk menambah aura kecantikan dan ketampanan pengantin. Siraman secara langsung mempunyai pengaruh secara fisik, badan yang lesu dan wajah akan menjadi segar ketika terkena air siraman.

Air yang juga dicampuri berbagai macam bunga akan merangsang indera penciuman sehingga memancarkan aura kebahagiaan. Siraman juga biasanya diringi musik gamelan Jawa sehingga membuat pikiran lebih tenang.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut