get app
inews
Aa Read Next : 5 Artis Pilih Tak Menikah Lagi setelah Ditinggal Pasangan Hidup, Salah Satunya Indro Warkop

Enam Ayat Alquran tentang Jodoh Tidak akan Kemana, Yuk Amalkan!

Selasa, 13 Desember 2022 | 08:00 WIB
header img
Ilustrasi Ayat Alquran tentang Jodoh Tidak akan Kemana. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Ayat Alquran tentang jodoh tidak akan kemana penting diamalkan bagi seseorang yang sampai sekarang belum menemukan pasangan hidupnya.

Seperti diketahui, Jodoh, rezeki, hidup dan mati adalah rahasia Ilahi. Sebagai manusia beriman, sudah sepantasnya berusaha atau ikhtiar. Setelah itu, pasrahkan diri atau tawakkal pada Allah SWT. Jika sudah digariskan, jodoh yang didambakan tak akan kemana.

Memilih jodoh atau pasangan hidup memang pekerjaan yang mudah jika hanya mempertimbangkan hasrat seksual. Namun, bila dipikirkan mendalam memilih pasangan hidup atau jodoh dalam hal ini suami maupun istri bukan pekerjaan mudah.

Mengenai jodoh, Rasulullah SAW memeringatkan umatnya untuk berhati-hati dan tidak sembarangan memilih pasangan hidup.

Diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Maka Hendaklah memilih istri yang beragama (Islam) dan berbudi pekerti (yang baik) agar kedua tanganmu (dirimu) selamat". (HR Al Bazzar dan Ibnu Hibban).

Peringatan Rasulullah SAW tersebut bertujuan agar dalam perkawinan tidak hanya mencari kepentingan-kepentingan yang bersifat fisik semata, tetapi terlebih dulu memperhatikan persyaratan keagamaannya. Lantaran dengan agamanya ia dapat membimbing akal dan jiwanya, berlaku sabar dan menyadari tanggung jawab dan haknya untuk menjaga diri. Setelah itu, baru memerhatikan hal-hal yang bersifat fisik dan dunia (kecantikan, keturunan dan harta).

KH Muhammad Sholikihn dalam bukunya Ritual dan Tradisi Islam Jawa menjelaskan, di kalangan masyarakat Jawa sangat selektif dalam menentukan jodoh atau pasangan hidup. Hal ini dimaksudkan agar pasangan nantinya dapat hidup bahagia lahir dan batin, serta harmonis.

Rasulullah SAW sudah memberikan panduan kepada umatnya dalam memilih pasangan yang ideal sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

مَا اسْتَفَادَ الْمُؤْمِنُ بَعْدَ تَقْوَى اللَّهِ خَيْرًا لَهُ مِنْ زَوْجَةٍ صَالِحَةٍ إِنْ أَمَرَهَا أَطَاعَتْهُ وَإِنْ نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ وَإِنْ أَقْسَمَ عَلَيْهَا أَبَرَّتْهُ وَإِنْ غَابَ عَنْهَا نَصَحَتْهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِه
Artinya:

”Tidak ada keberuntungan bagi seorang mukmin setelah bertaqwa kepada Allah kecuali memiliki seorang istri yang sholihah. Yang bila disuruh, menurut dan bila di pandang menyenangkan, dan bila janji menepati, dan bila ditinggal pergi bisa menjaga diri dan harta suaminya.” (HR. Ibnu Majah)

Ayat Alquran tentang Jodoh Tidak Akan Kemana

Dalam Alquran, banyak disebutkan ayat mengenai jodoh tidak akan kemana atau masing-masing orang sudah digariskan jodohnya. Di antaranya Surat An Nur ayat 26 dan 33. Selain itu, Surat An Nahl ayat 72, Surat Asy Syura ayat 11, Surat Al Furqan ayat 74, dan Surat Ar Rum ayat 21.

Berikut penjelasan lengkapnya mengenai ayat alquran tentang jodoh tidak akan kemana lengkap dengan teks Arab, latin dan artinya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut