get app
inews
Aa Read Next : Sukses Gelar Botram di Tingkat Kecamatan, Pemkab Bekasi Akan Sasar Desa-desa

Viral! Tiga Desa Ini Punya Nama Unik dan Sejarah yang Bikin Terbahak

Rabu, 15 Desember 2021 | 06:45 WIB
header img
Balai Desa Tulung di Kecamatan Kedamean Gresik, Jawa Timur (Foto: SINDOnews/Ashadi Iksan)

GRESIK, iNews.id - Di Kota Gresik, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Kedamean, terdapat tiga desa memiliki nama yang unik. Ketiganya punya kisah yang menarik.

Nama desa biasanya sangat erat kaitannya dengan sejarah desa tersebut. Masalahnya, tidak banyak anak zaman sekarang yang tahu darimana nama desa mereka berasal. Yang pasti, nama-nama desa ini sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Di Kecamatan Kedamean misalnya, ada tiga desa dan dusun yang memiliki nama unik.

Seperti, Desa Tulung, Lampah dan Dusun Gorekan, Desa Cermen. Ketiganya memiliki historis yang panjang dari mana asal usul penamaan desa.

Desa Tulung, misalnya, tidak banyak yang mengetahui jika nama desa ini terdahulunya adalah Desa Matamu.

Seiring waktu karena konotasi "matamu" mengandung makna makian maka digantilah dengan nama yang lebih baik. Namun pemberian nama baru, tidak serta merta tidak ada kaitannya dengan nama sebelumnya.

Hal itu seperti disampaikan Mbah Supi warga setempat, yang tertuang dalam buku Sang Gresik Bercerita Lagi, karangan Kris Adji dan kawan-kawan.

Disebutkan, dahulu kala ada sepasang pengembara yang sedang berpetualang di Pulau Jawa. Pengembara tersebut telah sampai di Jawa Timur.

"Pengembara tersebut tersesat di sebuah desa dan dia tidak tahu kemana akan melanjutkan perjalanan. Begitu dia sampai di tepi desa di melihat seorang yang berada di tengah sawah," tulisnya.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut