get app
inews
Aa Read Next : Bikin Gempar! Kafe di Rusia Ini Jual Kopi Berbahan Dasar ASI, Segini Harganya

Jangan Langsung Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Ini Alasannya

Sabtu, 18 Desember 2021 | 10:49 WIB
header img
Jangan minum kopi setelah bangun tidur, ini alasannya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Meminum secangkir kopi setelah bangun tidur menjadi kebiasaan banyak orang. Hal ini dipercaya dapat menambah semangat dan energi untuk memulai aktivitas. Namun, kebiasaan ini justru tak dianjurkan para ahli.

Dilansir dari Reader's Digest, para ilmuwan baru-baru ini menemukan waktu yang tepat untuk minum kopi dan waktu itu bukanlah usai bangun tidur di pagi hari, melainkan satu jam setelahnya. Sebab, satu jam setelah bangun tidur tubuh sudah memproduksi hormon kortisol atau hormon anti stres.

Menunggu hingga satu jam setelah bangun tidur bertujuan memberikan waktu pada tubuh untuk beradaptasi terlebih dahulu. Namun, jika Anda tetap memaksa minum kopi setelah bangun tidur, ini bisa menyebabkan kecanduan hingga mengganggu kesehatan. 

Tak tanggung-tanggung, jika kebiasaan ini terus dilakukan, kecanduan kafein akan terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh hormon kortisol yang kesulitan untuk mencapai ritme tubuh yang baik.

Sementara, jika Anda ingin kembali mengonsumsi kopi setelah pagi hari, para ahli menyarankan untuk meminumnya di siang hari mendekati pukul 13.00 dan antara pukul 17.50—18.30. Mengonsumsi kopi dengan waktu yang tepat, tak hanya mampu menghilangkan dahaga namun juga membantu tubuh mendapatkan energi.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut