get app
inews
Aa Read Next : NASA Klaim Manusia Sudah Bisa Hidup di Bulan dalam Waktu Dekat

Bulan Purnama Cold Moon Terpanjang Terjadi di Akhir Tahun dan Berlangsung 3 Hari

Sabtu, 18 Desember 2021 | 14:45 WIB
header img
Bulan purnama Cold Moon pada Desember akhir tahun 2021 ini bakal menjadi yang terpanjang. (Foto: starwalk)

WASHINGTON, iNews.id - Bulan purnama Cold Moon ini bakal menjadi yang terpanjang pada Desember akhir tahun 2021. Pasalnya, bulan purnama Cold Moon berlangsung penuh selama tiga malam, dari kemarin Jumat malam (17 Desember 2021) hingga Senin pagi (20 Desember 2021). 

“Untuk melihat (Purnama) Bulan Dingin (Cool Moon) secara maksimal, lihat pada pukul 11:36 malam pada 19 Desember,” keterangan NASA seperti dikutip MPI dari laman livescience, Kamis (16/12/2021). 

Bulan purnama ini dinamai Cold Moon karena terjadi pada malam yang panjang dan dingin pada akhir tahun. NASA menyebutkan nama lain untuk bulan purnama pada Desember adalah Frost Moon dan Winter Moon.

Hanya sehari kemudian, menjadi titik balik Matahari musim dingin tepat pada Selasa 21 Desember 2021, ketika Kutub Utara berada pada kemiringan terjauh 23,5 derajat dari Matahari. 

“Saat itu, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada musim gugur dan menyapa musim dingin, yang akan berlangsung hingga musim semi pada 20 Maret 2022,” tulis NASA.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut