JAKARTA, iNewsBekasi.id - Selama 2022, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) menangani 863 pengaduan konsumen di 17 kota/kabupaten di Jabar.
Kepala Disperindag Jabarlendra Sofyan menuturkan, kasus yang ditangani BPSK didonimasi masalah pinjaman online (pinjol) serta leasing.
"Paling banyak pengaduan soal pinjol," ujar Iendra di Bandung, Kamis (26/1/2023).
Dilansir dari IDX Channel, berdasarkan ratusan pengaduan itu, kata Iendra, 418 kasus telah diselesaikan. Menurut dia, kasus yang sudah diselesaikan itu ada yang berakhir dengan damai dan ada juga yang berlanjut ke tahap pengadilan.
"Total kasus yang masuk atau pengaduan 863 ya, yang selesai 418, tidak selesai 87 dan hanya konsultasi sifatnya 357," ucapnya.
Iendra berharap, para konsumen yang memiliki masalah bisa melapor ke BPSK. Selain itu, para konsumen juga diharapkan lebih cerdas dalam memakai barang atau jasa yang diadakan produsen.
"Kebanyakan pinjol kemudian beli barang yang tidak sesuai. Leasing ada juga, itu banyak itu, untuk keseluruhan di Jabar di 17 BPSK," tandasnya.
Editor : Eka Dian Syahputra