get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bekasi Jadi Tuan Rumah Penyelanggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat

Hukum Membaca Alquran sambil Tiduran, Bolehkah?

Jum'at, 27 Januari 2023 | 12:46 WIB
header img
Hukum Membaca Alquran sambil Tiduran, Bolehkah? Foto: ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Hukum membaca Alquran sambil tiduran, bolehkah? ini pun membuat banyak orang penasaran. Sebab, sering dijumpai perilaku demikian.

Membaca Alquran dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Seperti diketahui, Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah Subhanahu wa Ta'ala pada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Membacanya adalah amalan salih yang mempunyai pahala begitu besar.

Dilansir dari Okezone, saat membaca Alquran terdapat beberapa adab seperti bersuci, menghadap kiblat, duduk dan lainnya. Pasalnya, hal itu banyak orang berpikir membaca Alquran sambil berbaring tidak dibolehkan.

Ternyata membaca Alquran dalam keadaan berbaring atau tiduran bukanlah suatu hal yang dilarang. Allah Subhanahu wa Ta'ala menjelaskan di antara sifat orang-orang beriman adalah senantiasa berdzikir kepada-Nya dalam keadaan apa pun.  

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Surat Ali Imran Ayat 191:

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: "Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), 'Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (QS Ali Imran: 191)

Allah Subhanahu wa Ta'ala juga memerintahkan umat manusia untuk berdzikir dalam semua keadaan.

فَاذْكُرُواْ اللّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ

Artinya: "Apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring." (QS An-Nisa': 103) 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut