get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Bus Rombongan SMK di Subang, DPR Minta Kemenhub Evaluasi Izin Semua PO Bus

Kemenhub Buka Mudik Motor Gratis, Begini Syarat dan Cara Daftarnya Mulai 1 Maret 2023

Selasa, 21 Februari 2023 | 12:29 WIB
header img
Mudik Motor Gratis Dibuka Mulai 1 Maret 2023. Foto: MPI/Yudistiro Pranoto

JAKARTA, INewsBekasi.id - Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Angkutan Motor Gratis (Motis) selama musim libur lebaran 2023 memakai angkutan kereta api. Ini Syarat dan cara daftarnya.

Dilansir dari IDX Channel, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Djarot Tri Wardhono menuturkan, tahun ini penyelenggaraan motis tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Di mana sebelumnya, masyarakat dikenakan tarif tiket kereta api. Namun sekarang, masyarakat cuma dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang untuk jarak tempuh kurang dari 330 kilometer.

Sementara tarif Rp20.000 per orangnya dikenakan untuk jarak di atas 330 kilometer. Satu kendaraan motor mendapatkan jatah tiket maksimal dua orang penumpang.

Djarot menerangkan, penurunan tarif itu dilakukan supaya bisa bersaing dengan angkutan lainnya. Selain itu, pengenaan tarif ini juga merupakan hasil dari evaluasi pelaksanaan tahun lalu, yang mana okupansinya hanya mencapai 2.300 motor yang diangkut.

"Jadi, ini sebenarnya merupakan hasil evaluasi kita untuk menarik pengangkutan sepeda motor. Karena moda lain menggunakan tarif yang lebih murah. Makanya, tahun ini kita coba bersaing dengan moda lainnya," kata Djarot dalam acara Ngobrol Santai bersama Ditjen Perkeretaapian di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Kemenhub menyediakan kapasitas angkut sepeda motor sebanyak 10.440 motor dan 45.720 penumpang dengan total sepanjang 20 hari. Mulai dari 11-20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April hingga 4 Mei 2023 untuk arus balik.

Djarot menuturkan, tahun ini, rangkaian kereta penumpang dan kereta barang akan dirangkaikan dalam satu rangkaian.

"Sekarang ini, 4 kereta api penumpang dirangkaikan 3 rangkaian kereta untuk sepeda motor," jelasnya.

Dia mengatakan, masyarakat yang mau mendaftarkan program Motis 2023 cukup datang langsung ke lokasi seluruh stasiun pelayanan Motis bagi yang melakukan offline.

Masyarakat juga bisa mendaftar lewat link mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

Pendaftaran dibuka mulai 1 Maret 2023 sampai 3 Mei 2023. Untuk persyaratannya, yaitu KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK dan kapasitas mesin < 200 CC.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut