get app
inews
Aa Read Next : BMKG Perkirakan Puncak Musim Kemarau di Indonesia Terjadi pada Juli-Agustus 2023

Gempa Sukabumi dengan M4,0 Terjadi pada Kedalaman 3 Km, BMKG Bongkar Penyebabnya

Selasa, 28 Februari 2023 | 21:55 WIB
header img
Gempa Sukabumi dengan M4,0 Terjadi pada Kedalaman 3 Km, BMKG Bongkar Penyebabnya. (Foto: Pinterest)

SUKABUMI, iNewsBekasi.id - Pada Selasa, 28 Februari 2023 pukul 20:11:48 WIB, wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa bumi dengan magnitudo (M) 4,0. 

Gempa terjadi di darat dengan jarak 11 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan memiliki kedalaman 3 km. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa terletak pada koordinat 7.03 LS dan 106.64 BT.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri,” ungkap Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto dalam keterangan resminya.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa bumi yang terjadi memiliki dampak dirasakan di beberapa wilayah. Wilayah Kota Sukabumi dan Palabuhan Ratu terdampak dengan Skala Intensitas II-III MMI, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Di dalam rumah, getaran dirasakan nyata dan terasa seperti ada truk yang berlalu.

Sedangkan di Bogor, Lebak, dan Bayah, dampak gempa bumi terasa dengan Skala Intensitas II MMI, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut