get app
inews
Aa Read Next : Sakit Hati Adiknya Dipukuli, Kakak di Karawang Bacok Pelaku Pakai Golok hingga Luka Parah

Viral Usaha Jembatan Perahu di Karawang Sukses Raup Rp 25 Juta per Hari

Minggu, 26 Desember 2021 | 19:52 WIB
header img
Jembatan perahu tongkang milik Endang. (iNews Karawang/Muhtar Galuh Ardian).

KARAWANG, iNews.id - Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan deretan 9 kapal tongkang berjejer membentuk sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Anggadita dengan Desa Parung Mulya, Karawang. Setiap harinya terdapat 10 ribu pengguna motor melintasi jembatan itu.

Jembatan perahu yang berada di aliran Sungai Citarum, ternyata milik seorang tokoh masyarakat Desa Anggadita yang berusia 69 tahun yaitu Haji Endang Junaedi.

“Kalau di hari kerja sehari mencapai 10 ribu motor dengan pendapatan minimal Rp 25 juta,” kata Endang. Minggu, (26/12).

Dia mengungkapkan bisnis yang saat ini sedang digelutinya telah berjalan sejak tahun 2010.

“Untuk akses masyarakat dulu saya hanya menggunakan perahu eretan,”ungkapnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kata dia, pengguna akses jalan alternatif meningkat pesat sejak adanya perluasan kawasan industrialisasi dan bertambahnya jumlah perusahaan di Karawang yang semula menggunakan perahu kayu, sekarang sudah berganti menjadi perahu besi.

Jalan alternatif tersebut selain memudahkan akses masyarakat, menurut salah satu karyawan penjaga jembatan, Dedi (40), juga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten karawang. Pasalnya, sejumlah masyarakat diberdayakan.

“Kurang lebih 40-60 masyarakat yang bekerja disini,” terangnya.

Bahkan, lanjutnya, sejak adanya peningkatan pengguna jembatan, perekonomian masyarakat juga meningkat.

“Setiap pagi kan disini suka ramai, banyak juga masyarakat yang berjualan disini, yang juga turut merasakan manfaat adanya jembatan ini,” jelas Dedi.

Selain itu, sambungnya, sebagian hasil dari Jembatan perahu tongkang yang memiliki panjang 120 meter dan lebar 3,5 meter ini juga turut dinikmati oleh masyarakat.

“Tidak semua hasil pendapatan dari jembatan ini digunakan oleh pak haji, dia seringkali memberangkatkan umroh sejumlah marbot mesjid, membagikan sembako, maupun sebagian hasilnya juga ada yang diberikan olehnya untuk orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan keterangan dari pengendara motor yang tengah melintas, Yadi  (23) jalan alternatif ini bisa menghemat waktu pengguna motor sampai dengan 30-45 menit.

“Ini jalannya motong jadi lebih cepet, kalau gak lewat sini kita muter dan memakan waktu 30-45 menit, kalau secara kalkulasi kita bisa menghemat uang bensin juga,”katanya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut