get app
inews
Aa Read Next : Pajak Naik, Pertamina: Harga BBM di Jakarta Bisa Lebih Tinggi

Ini Profil dan Sejarah Depo Pertamina Plumpang yang Terbakar

Sabtu, 04 Maret 2023 | 11:19 WIB
header img
Illustrasi. (Foto: Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Pada Jumat, 3 Maret 2023 pukul 20.30 WIB, Depo Pertamina Plumpang di Tanjung Priok, Jakarta Utara terbakar. Depo ini memiliki kapasitas tangki penimbun hingga 291.889 kiloliter dan telah beroperasi sejak tahun 1974.

Menurut catatan iNewsBekasi pada Sabtu (4/3/2023), Depo Pertamina Plumpang menyediakan berbagai jenis produk bahan bakar seperti Premium, Pertamax, Pertalite, Pertamax Turbo, Bio Solar, Dex, dan Dexlite.

Penyaluran produk tersebut dilakukan melalui Terminal Automation System (TAS) New Gantry System ke 249 kompartemen mobil tangki, sebuah sistem kelas dunia.

Terminal Pertamina Plumpang adalah salah satu terminal terpenting di Indonesia karena menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM di negara ini. Setiap harinya, Depo Pertamina Plumpang memasok rata-rata 16.504 kiloliter BBM.

Kebakaran ini sebenarnya sudah terjadi sebelumnya pada Minggu, 18 Januari 2009. Diduga kebakaran tersebut terjadi karena adanya percikan api dari gesekan alat pengambil sampel BBM dan slot ukur.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut