get app
inews
Aa Read Next : Soal Kontrak Shin Tae-yong, Erick Thohir: Tunggu Piala Asia U-23

Presiden Jokowi Berharap Impor Alkes Hingga Bahan Obat Segera Dihentikan

Senin, 27 Desember 2021 | 16:08 WIB
header img
Prediden Jokowi (Foto: Ist)

Jakarta, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar pemerintah dapat berhenti impor baik alat-alat kesehatan, obat-obatan, maupun bahan baku obat. Jokowi berharap, barang-barang tersebut dapat diproduksi sendiri di Tanah Air. 

"Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita," ujar Presiden dalam sambutannya saat melakukan groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali yang terletak di Kawasan Wisata Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Senin, (27/12/2021).

Guna menekan impor bahan baku obat, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa BUMN Indofarma akan terfokus dalam pengembangan industri herbal pada pengobatan. Erick menilai Indonesia memiliki alam dan kultur yang mumpuni guna mengembangkan industri tersebut. 

"Industri herbal sendiri kita punya kekuatan Pak, memang kita mempunyai alam dan punya kultur mengenai industri herbal ini. Karena itu Indofarma kita akan fokus pengembangan industri herbal daripada pengobatan," jelas Erick.

Erick Thohir menjelaskan bahwa hingga kini jajarannya telah mengonsolidasikan klaster kesehatan BUMN. Hal tersebut merupakan bagian dari pembentukan ekosistem guna memperkuat ketahanan dan kemandirian kesehatan. 

"Kita tahu ekosistem ini menjadi kunci. Kalau kita berdiri sendiri-sendiri, akhirnya tentu kita tidak punya kekuatan yang terpadu untuk menahan gelombang yang terjadi ke depannya," ujar Menteri BUMN. 

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut