get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 10 April 2024

Kemenag Gelar Rukyatul Hilal Ramadhan 1444 H di 124 Lokasi

Rabu, 22 Maret 2023 | 09:09 WIB
header img
Ilustrasi Pemantauan Hilal. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar 124 titik lokasi untuk pantau hilal rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mengukur serta mengamti visibilitas hilal ketika mataharit terbenam.

“Kemenag telah menetapkan 124 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangannya, seperti dilansir dari Okezone, Rabu (22/3/2023).

Dia menuturkan, hasil rukyatul hilal bakal dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H. Sidang isbat sendiri, akan dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Lalu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, serta Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Kamarudin menerangkan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Secara hisab, katanya, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 00.23 WIB.

Dia mengatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Ramadan 1444 H, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut