get app
inews
Aa Read Next : Puncak Safari Ramadhan 2024, PLN Icon Plus Tebarkan Jaringan Kebahagiaan

Apakah Baca Alquran di HP Dapat pahala? Begini Kata Ustaz Abdul Somad

Jum'at, 24 Maret 2023 | 05:13 WIB
header img
Ilustrasi membaca Al Quran di HP. (Foto: Ist)

iNewsBekasi.id - Saat bulan Ramadhan, membaca Alquran merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain membaca Alquran langsung dari kitab suci, saat ini banyak umat Muslim yang memilih untuk membaca Alquran melalui HP atau smartphone mereka.

Namun, apakah membaca Alquran di HP tetap mendapatkan pahala yang sama seperti membaca Alquran secara langsung dari kitab suci? 

Dengan kemajuan teknologi smartphone yang semakin canggih, hampir semua sektor kehidupan kini dapat dijangkau melalui perangkat tersebut, termasuk sektor keagamaan.

Saat ini, aplikasi Alquran digital atau online dapat dengan mudah diunduh melalui toko aplikasi di smartphone, seperti Play Store atau App Store.

Namun, perlu diingat bahwa pahala dari suatu ibadah tidak terletak pada media atau perangkat yang digunakan, melainkan terletak pada niat dan amal ibadah itu sendiri.

Oleh karena itu, membaca Alquran melalui HP masih dapat dianggap sebagai bentuk ibadah selama dilakukan dengan niat yang tulus untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

"Melihat mushaf, melihat hp, melihat dinding, pahalanya bukan dilihat kau baca Alquran di mana. Tapi yang dilihat adalah lafal di mulut dan di hati." kata Ustaz Abdul Somad dilansir dari kanal Youtube resmi dari Ustaz Abdul Somad.

Dalam membaca Alquran, tambah UAS, amalan yang dilihat dari membaca Alquran adalah lewat lafal yang sudah fasih, tajwid yang sudah sesuai, serta tahsil. 

Namun, yang lebih penting dari itu semua adalah kesungguhan hati dalam membaca Alquran dengan ikhlas. Meskipun membaca Alquran di pelepah kurma, yang terpenting adalah keikhlasan hati.

"Mulut fasih, tahsil, dan tajwid. Hati ikhlas. Walaupun kau baca di pelepah kurma," imbuh UAS.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut