get app
inews
Aa Read Next : Rusuh saat Idulfitri, Aksi Kejar-Kejaran Warnai Pembubaran Pelaku Balap Liar di Makassar

Lebaran 2023 Berapa Hari Lagi NU? Simak Selengkapnya!

Sabtu, 08 April 2023 | 15:09 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Lebaran 2023 diperkirakan berbeda antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah. Lalu, Lebaran 2023 berapa hari lagi NU?

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menuturkan, perbedaan Idulfitri tersebut bukan karena perbedaan metode hisab dan rukyat, namun lantaran perbedaan kriteria.

Dia juga menyatakan bahwa umumnya Muhammadiyah memakai kriteria wujudul hilal, sementara NU dan sejumlah organisasi keagamaan lainnya menggunakan kriteria imkan rukyat atau visibiltias hilal.

Untuk merayakan lebaran 2023, Pemerintah sudah mengubah jadwal cuti bersama Hari Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023. Diketahui sebelumnya, cuti bersama bakal dilakukan dari 21 April 2023 hingga 26 April 2023, lalu dimajukan mulai 19 April 2023 hingga 25 April 2023.

Keputusan perpanjangan cuti bersama Lebaran Idul Fitri ini dilakukan pemerintah demi meminimalisir kemacetan ketika Lebaran. Diperpanjangnya jumlah cuti tersebut tentunya bikin umat Muslim semakin tidak sabar dalam menyambut datangnya hari lebaran.

Lantas, kira-kira lebaran 2023 berapa hari lagi NU? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak ulasannya berikut ini sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Lebaran 2023 Berapa Hari Lagi NU?

Berdasarkan kriteria wujudul hilal yang dipakai Muhammadiyah ialah pada saat magrib bulan sudah di atas ufuk. Atas dasar tersebut, Muhammadiyah kemungkinan mengumumkan Idulfitri jatuh pada 21 April 2023.

Sementara NU dan pemerintah, penetapan 1 Syawal dilakukan menurut kriteria imkan rukyat atau visibilitas hilal MABIMS, yakni apabila wilayah yang pada saat maghrib posisi bulan sudah memenuhi kriteria baru MABIMS, yakni tinggi minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut