get app
inews
Aa Read Next : Urus 11.000 Puskesmas Terpencil Dilengkapi Internet, Menkes Budi G Sadikin Temui CEO Tesla Elon Musk

Ribuan Pos Kesehatan hingga Motor Ambulans Disiapkan Kemenkes selama Mudik Lebaran 2023

Selasa, 18 April 2023 | 14:07 WIB
header img
Pos Kesehatan di jalur mudik. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sejumlah sarana dan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) hingga posko kesehatan serta motor ambulans.

Kemenkes menyiagakan 10.374 Puskesmas dan tiga ribuan rumah sakit di seluruh Indonesia. Mereka juga menyiapkan sarana fasilitas kesehatan di jalur mudik berupa 2.074 posko kesehatan dan masih akan bertambah, serta 352 unit ambulans motor Public Safety Center.

Posko kesehatan bakal banyak disiapkan di rest area tol, exit tol, jalan arteri dan tempat-tempat ibadah seperti masjid raya serta tempat wisata. Untuk penempatan posko kesehatan di jalan arteri tergantung dari dinas kesehatan masing-masing daerah.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu menuturkan, pelayanan yang dilakukan di masing-masing posko kesehatan tersebut yakni pelayanan kesehatan medik dasar. Apabila pemudik harus dirujuk maka bakal dilakukan evakuasi oleh ambulans yang tersedia di posko kesehatan.

“Nantinya setiap posko kesehatan akan melaporkan pendataan dari pemudik yang berkunjung supaya bisa dilihat jika ada peningkatan tren penyakit,” kata Dirjen Maxi saat melakukan pelepasan tim pemantauan mudik di kantor Kemenkes, Senin (17/4/2023).

Selama 24 jam petugas posko kesehatan berjaga secara shifting. Terdapat posko kesehatan yang menjadi tanggung jawab Puskesmas itu kita serahkan ke pemerintah kabupaten/kota, ada juga posko kesehatan gabungan karena wilayah kerja Puskesmas yang banyak jadi tanggung jawab langsung pemerintah kabupaten/kota.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut