get app
inews
Aa Read Next : Kongres Pemuda Indonesia DKI Jakarta Resmi Laporkan Oknum Pendeta GL ke Polda Metro Jaya

Inilah Deretan Waktu Mustajab untuk Berdoa yang Perlu Umat Muslim Ketahui

Rabu, 19 April 2023 | 07:00 WIB
header img
Inilah Deretan Waktu Mustajab untuk Berdoa yang Perlu Umat Muslim Ketahui. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat deretan waktu mustajab untuk berdoa yang perlu umat Muslim ketahui. Dimana saat memohon kepada Allah pada waktu-waktu tersebut, peermintaan yang dipanjatkan diyakini bakal dikabulkan.

Meski begitu, waktu terkabulnya doa itu pun masih jadi misteri. Berikut sepuluh waktu mustajab untuk berdoa seperti dilansir dari iNews.id.

Waktu Mustajab untuk Berdoa

1. Di Sepertiga Malam

Sepertiga malam yakni ketika pukul 01.00 hingga waktu subuh. Dalam waktu tersebut, seseorang dianjurkan memperbanyak ibadah dan berdoa, sebab merupakan waktu yang mustajab.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

ينزل ربنا تبارك وتعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا ، حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول : من يدعوني فأستجيب له ، من يسألني فأعطيه ، من يستغفرني فأغفر له

Artinya: Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, "Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni." (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758).

2. Saat Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia. Terlebih, kemuliaannya lebih baik dari 1.000 bulan.

Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya berdoa di malam tersebut. Adapun bacaan doa yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut.

قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Artiny: Aku bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda, 'Berdoalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku).'”(HR. Tirmidzi, 3513 dan Ibnu Majah, 3119).

3. Setelah Sholat Fardhu

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

Artinya: Dari Abu Umamah, ia berkata, "Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi).

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut