get app
inews
Aa Read Next : Kongres Pemuda Indonesia DKI Jakarta Resmi Laporkan Oknum Pendeta GL ke Polda Metro Jaya

Sederet Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam, Mendapat Pahala hingga Anugerah dari Allah SWT

Jum'at, 05 Mei 2023 | 07:14 WIB
header img
Ilustrasi Menikahi Janda Banyak Keutamaannya. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Ada banyak keutamaan menikahi janda dalam Islam. Sehingga tak ada yang salah dalam memilih pasangan hidup yang pernah menikah sebelumnya.

Terdapat berkah menikah dengan janda. Dilansir dari SINDOnews, berikut sederet keutamaan sN Mndr mwnikahi janda dalam Islam.

Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam

1. Mendapatkan Anugerah dari Allah SWT

Menikahi janda bisa diketegorikan dalam tindakan yang bakal membawa berkah serta anugerah untuk kita. Ini lantaran niat kita untuk melindungi janda dari fitnah atau hal-hal buruk lainnya yang kemungkinan bisa terjadi.

Dari penjelasan Abu Hurairah berdasarkan sabda Rasulullah SAW, orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin seperti orang yang berjuang di jalan Allah. Dirinya juga laksana orang yang berpuasa di siang hari serta menegakkan sholat pada malam hari.

2. Meneladani Nabi Muhammad SAW

Menikah dengan janda dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Istri petama beliau Sayyidah Khadijah binti Khuwailid merupakan seorang janda. Begitu pun istri-istri yang lain, selain Sayyidah Aisyah .

Pada ajaran Islam, manusia tidak boleh dibeda-bedakan berdasarkan status sosial seperti miskin-kaya, bangsawan-jelata, janda-perawan dan seterusnya. Nabi Muhammad SAW menikah dengan janda untuk memuliakan perempuan dan memberikan contoh bagi umatnya.

3. Mendapat Pahala

Menikahi janda merupakan salah satu tindakan baik yang bisa mendatangkan pahala. Yang terpenting yakni niat kita mau melindungi dan menafkahinya karena Allah. Sehingga Allah bakal memberikan pahalanya karena niat baik itu.

4. Berpengalaman dalam Pernikahan

Seorang janda mempunyai pengalaman dalam pernikahan serta dalam membina rumah tangga. Ini pun membuatnya lebih berpengalaman dan mempunyai banyak pelajaran dari pernikahan sebelumnya. Selanjutnya, dia akan bertindak lebih berhati-hati dan memikirkan segala sesuatunya dengan matang.

5. Membantu Anak Yatim

Menikahi janda dapat membantu anak yatim yang ditinggalkan oleh ayahnya. Hal ini disebabkan janda memiliki tanggung jawab dalam menghidupi keluarganya. Oleh karena itu, menikahi janda adalah tindakan mulia yang dapat menggantikan posisi suami yang telah meninggal dunia.

6. Dewasa dan Berhati-hati

Seorang janda umumnya lebih dewasa dalam memandang kehidupan karena sudah pernah merasakan pernikahan sebelumnya. Hal ini membuatnya lebih berhati-hati dalam bertutur kata, bertindak, dan memutuskan suatu hal yang berkaitan dengan rumah tangga. Menikahi janda bisa memberikan pengalaman hidup yang lebih bermakna dan dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih matang.

7. Membimbing Jalani Kehidupan Baru

Menikahi janda juga berarti kita memiliki tanggung jawab yang besar dalam membimbing dan membantu janda dalam menjalani kehidupan barunya.

Janda membutuhkan pasangan yang dapat mendukungnya dan membantunya dalam menghadapi tantangan hidup. Dalam hal ini, pasangan baru harus bisa bertanggung jawab dan saling membantu dalam menghadapi masalah.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut