get app
inews
Aa Read Next : Wow! Tahu Terbesar di Dunia Ini Panjangnya sampai 8 Meter, Yuk Intip Penampakannya

Harga Kedelai Cenderung Turun di Tanah Air, Imbas Panen Raya di Sejumlah Negara Pengekspor

Minggu, 21 Mei 2023 | 14:26 WIB
header img
Harga kedelai saat ini cenderung terus menurun. Bagi perajin tahu tempe tentu ini hal menggembirakan, namun bagi petani hal ini tentu bukan sesuatu diharapkan. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Harga kedelai saat ini cenderung terus menurun. Bagi perajin tahu tempe tentu ini hal menggembirakan, namun bagi petani hal ini tentu bukan sesuatu diharapkan.

Ketua Perkumpulan Penyalur Kedelai Nasional (PPKN) Darmini Lesmana tak menampik bahwa perajin tahu tempe senang dengan situasi tersebut.  Saat ini harga kedelai di pasaran pada kisaran Rp10.500 per kilogram.

Menurunya harga kedelai karena dibeberapa negara penghasil kedelai terbesar di dunia saat ini sedang panen raya.

Melansir laman bimco.org disebutkan Brasil menuju rekor panen dan peningkatan ekspor yang tajam selama bulan mendatang.

Panen kedelai tahun ini diperkirakan mencapai 152,9 juta ton atau 21,8% lebih tinggi dari tahun 2022, menurut National Supply Company (CONAB). Per tanggal 6 Maret, 44% dari luas tanam telah dipanen, 9 poin persentase lebih rendah dari waktu yang sama tahun lalu. 

Sebagai pengekspor kedelai terbesar di dunia, hasil panen Brasil yang kuat akan membantu kondisi pasar untuk pengiriman biji-bijian pada tahun 2023. Pemulihan volume ekspor akan membantu tingkat panamax di cekungan Atlantik karena mereka mengangkut lebih dari 85% kedelai Brasil dan biji-bijian menyumbang sekitar setengah dari panamax pemuatan kargo di Atlantik.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut