get app
inews
Aa Read Next : Liga 1 Berencana Gunakan VAR Bulan Depan 

Mengejutkan! Biaya Penggunaan VAR di Liga 1 Dekati Rp100 Miliar

Minggu, 28 Mei 2023 | 08:18 WIB
header img
Mengejutkan! Biaya Penggunaan VAR di Liga 1 Dekati Rp100 Miliar. (Foto: Fifa)

 

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Biaya implementasi Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2023-2024 terbukti sangat besar. Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus, mengungkapkan bahwa biaya VAR hampir mencapai Rp100 miliar.

Selain mempersiapkan kompetisi musim depan, PT LIB sedang sibuk mengambil langkah-langkah untuk penggunaan VAR di Liga 1. Sebelumnya, PT LIB telah menginformasikan FIFA tentang rencana penggunaan VAR pada Kamis (25/5/2023).

Saat ini, PT LIB sedang menunggu tanggapan resmi dari FIFA. Ferry Paulus, Direktur Utama PT LIB, juga mengungkapkan perkiraan biaya implementasi VAR di Liga 1 musim depan.

Dengan mengejutkan, biaya implementasi teknologi tersebut sungguh luar biasa. Ferry mengungkapkan bahwa biaya penggunaan VAR hampir mencapai Rp100 miliar.

Menurut Ferry Paulus, jumlah biaya tersebut sangat besar, tidak hanya sekitar Rp10 atau 20 miliar, melainkan mendekati Rp100 miliar. VAR tidak berhubungan dengan klub. VAR adalah regulasi yang membutuhkan investasi, liga yang menginvestasikannya untuk dipasang di setiap stadion.

Ferry mengungkapkan bahwa VAR akan dipasang di semua stadion yang menjadi kandang peserta Liga 1 musim depan. Jumlahnya cukup signifikan jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya.

“Kemarin Ketum (Erick Thohir) juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memperkuat kekuatan sinyal dan bandwith dan sebagainya. Kalau perlu dibangun tower, dibangun, itu komitmen Ketum,” tutupnya.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut