get app
inews
Aa Read Next : Penangkapan Warga Kampung Bayam, Sahroni Minta Polres Jakarta Utara Jadi Mediator

Mahasiswa Patah Tulang Akibat Kabel Fiber Optik, Pemprov DKI Panggil Provider

Selasa, 01 Agustus 2023 | 12:06 WIB
header img
Ilustrasi Mahasiswa Patah Tulang Akibat Kabel Fiber Optik, Pemprov DKI Panggil Provider. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengeluarkan panggilan kepada perusahaan PT Bali Towerindo. Panggilan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari insiden kecelakaan yang menimpa seorang mahasiswa bernama Sultan Rif’at Alfatih, yang terjerat kabel fiber optik di Jalan Antasari Raya, Jakarta Selatan.

Diketahui, Sultan mengalami patah tulang leher akibat kejadian itu, sehingga ia tidak dapat berbicara akibat jeratan kabel tersebut.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Utilitas Kota Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Syamsul Bakhri, menyatakan bahwa pihaknya telah mengundang PT Bali Tower yang diduga sebagai pemilik kabel fiber optik yang terpasang di kawasan Antasari Raya.

"Kami mengundang salah satu provider dan yang lain, khususnya provider yang kalau dari identifikasi di lapangan milik Bali Tower kalau enggak salah yang ada di dekat lokasi itu. Hari ini kami lakukan konfirmasi ke pemilik Bali Tower terkait kejadian itu dan yang sudah dilakukan," kata Syamsul, Senin (31/7/2023).

Setelah kejadian yang menimpa Sultan, Syamsul menyatakan bahwa baik Pemprov DKI maupun Dinas Bina Marga tidak menerima informasi terkait keberadaan kabel tersebut sebelumnya.

Lebih lanjut, Syamsul mengungkapkan perasaan prihatin atas peristiwa yang menimpa Sultan. Ia berpendapat bahwa kabel utilitas seharusnya tidak boleh dipasang di atas jalan raya dalam posisi melintang.

Sebagai informasi, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur bernama Sultan Rif'at Alfatih (20) menjadi korban kecelakaan setelah terjerat kabel fiber optik di pinggir jalan di kawasan Jalan Antasari, Jakarta Selatan, tepat di bagian lehernya.

Kini, Sultan tidak dapat berbicara dengan suara lantang akibat kejadian tersebut. Ayah Sultan, Fatih (49), menjelaskan bahwa awalnya Sultan meminta izin kepadanya untuk pergi bersama teman-temannya dari SMA untuk berkeliling menggunakan sepeda motor. Sultan meminta izin kepada sang ayah pada tanggal 5 Januari 2023 sekitar pukul 22.00 WIB.

Fatih menuturkan, pada awal kejadian, ada sebuah mobil dengan pelat nomor SUV yang berada di depan motor Sultan. Tanpa disadari, ada kabel yang menjuntai atau mengendur di sekitar mobil SUV tersebut. Akibatnya, kabel tersebut tersangkut di mobil SUV tersebut dan menyebabkan kecelakaan yang menimpa Sultan.

Dia menyebut bahwa kabel yang menjuntai di kawasan Jalan Antasari Raya terbawa jauh oleh mobil SUV yang melintas. Meskipun kabel tersebut sudah tersangkut di mobil SUV tersebut, namun tidak putus.

Yang terjadi malah kabel itu berbalik ke tempat semula dan terus menjuntai. Ketika kabel akhirnya terlepas dari mobil yang menyeretnya, kabel tersebut langsung mengenai Sultan yang berada tepat di belakang mobil tersebut.

Sultan pun terjatuh dan kehilangan kesadaran karena kabel fiber optik ini mengenai lehernya. Ia segera dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Sultan mengalami kondisi kritis setelah lehernya terjerat kabel fiber optik tersebut. Ia juga harus bolak-balik masuk ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU).

Dokter RS Fatmawati menyatakan bahwa kondisi tenggorokan anak saya sangat parah, bahkan tulang muda di tenggorokannya putus berantakan hingga terlepas dari tempatnya, mirip seperti jakun yang lepas, dan bagian saluran nafas serta saluran makan semuanya terputus. 'Hal tersebut merupakan hasil dari kecelakaan yang menyebabkan dia kehilangan kesadaran.

Dokter RS Fatmawati menyatakan bahwa kondisi tenggorokan anak saya sangat parah, bahkan tulang muda di tenggorokannya putus berantakan hingga terlepas dari tempatnya, mirip seperti jakun yang lepas, dan bagian saluran nafas serta saluran makan semuanya terputus. Hal tersebut merupakan hasil dari kecelakaan yang menyebabkan dia kehilangan kesadaran.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut