get app
inews
Aa Read Next : Bela Diri, Kasus Ayah Bunuh Anak di Medan Satria Dihentikan Polres Bekasi

Ekuador Umumkan Keadaan Darurat 60 Hari usai Penembakan Kandidat Presiden

Kamis, 10 Agustus 2023 | 21:53 WIB
header img
Capres Ekuador Fernando Villavicencio. Foto: Ist

QUITO, iNewsBekasi.id - Presiden Ekuador Gulilermo Lasso mengumumkan keadaan darurat seluruh negeri selama 60 hari pada hari ini, Kamis (10/8/2023). Pengumuman tersebut menyusul pembunuhan calon presiden (capres) dari kubu oposisi, Fernando Villavicencio pada Rabu (9/8/2023) malam waktu setempat.

“Saya menyatakan keadaan darurat selama 60 hari. Mulai sekarang, Angkatan Bersenjata dimobilisasi di seluruh negeri untuk menjamin keamanan warga negara, ketenangan negara, dan pemilihan umum yang bebas dan demokratis,” ujar Lasso dalam sebuah pidato kenegaraaan yang disiarkan di saluran sekretariat kepresidenan Ekuador di YouTube, seperti dilansir dari iNews.id, Kamis (10/8/2023).

Villavicencio dibunuh setelah menggelar kampanye pemilu. Kematian kandidat dari kubu oposisi itu dikonfirmasi Lasso di platform media sosial X—yang sebelumnya bernama Twitter.

CNN dengan mengutip anggota tim kampanye Cristian Zurita dan Rodrigo Figueroa, melaporkan bahwa Villavicencio ditembak mati saat menghadiri rapat umum atau kampanye partai politik Movimiento Construye di sebuah sekolah di utara Ibu Kota Quito.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut