get app
inews
Aa Read Next : Viral Video PNS di India Pakai Helm Motor saat Bekerja untuk Hindari Puing Jatuh

Fosil Dinosaurus Pemakan Tumbuh-tumbuhan Tertua di Dunia Berhasil Ditemukan di India

Selasa, 22 Agustus 2023 | 12:36 WIB
header img
Fosil Dinosaurus Pemakan Tumbuh-Tumbuhan Tertua di Dunia Berhasil Ditemukan di India. Foto: Special Arrangement

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Sekelompok peneliti di India berhasil menemukan fosil dinosaurus yang diyakini dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan tertua di dunia.

Hal ini pun usai Ilmuwan dari Indian Institute of Technology Roorkee dan Geological Survey of India (GSI) berhasil menemukan fosil dinosaurus yang diyakini dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan tertua di dunia.

Dilansir dari IDX Channel, pada laporan yang terangkum di Scientific Reports belum lama ini dikatakan fosil dinosaurus itu ditemukan di gurun Thar di Rajasthan, India.

Lokasi penemuan itu bikin para peneliti menyebut dinosaurus tersebut dengan nama Tharosaurus indicus. Dalam laporan tersebut, para peneliti juga menyampaikan pesan perlunya penelitian lebih dalam di India mengenai kehidupan prasejarah.

Ditemukannya fosil Tharosaurus indicus jadi bukti bahwa wilayah di negeri kari itu memang punya peranan penting. Apalagi faktanya Tharosaurus indicus diyakini merupakan dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan tertua di dunia.

"Gurun Thar saat ini merupakan wilayah yang sangat kering dan panas di bagian India barat. Namun di era Mesozoikum, wilayah itu merupakan garis pantai tropis di sepanjang Samudera Tethys, yang dihuni oleh dinosaurus dan makhluk laut," tulis laporan tersebut yang dikutip New York Times, Selasa (22/8/2023).

Penemuan terbaru di gurun tersebut, berasal dari 167 juta tahun yang lalu, berasal dari kelompok dinosaurus yang disebut dicraeosaurid, yang memakan tumbuhan berleher panjang, walaupun tidak sepanjang kerabat dekat mereka.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut