get app
inews
Aa Read Next : Alquran dan Sains Ungkap Peredaran Darah dan Susu Terpisah di Dalam Tubuh

Ternyata Alquran dan Sains Ungkap Bulan Pernah Panas dan Bercahaya seperti Matahari

Senin, 25 September 2023 | 13:14 WIB
header img
Ilustrasi Bulan. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Alquran dan sains mengungkap fakta-fakta menarik mengenai bulan serta matahari. Seperti diketahui, manusia ketika memandang ke langit pada malam hari maka akan menyaksikan bulan yang memantulkan cahaya matahari.  

Tetapi ternyata, dahulu bulan pernah bercahaya seperti matahari. Ini pun diketahui lewat penelitian yang dilakukan umat manusia.

Dijelaskan pada buku "Sains Dalam Alquran" karya Dr Nadiah Thayyarah, hasil penelitian tersebut menunjukkan bulan terbentuk sejak 4,6 juta tahun silam. Selama masa pembentukannya, bulan menerima hantaman bertubi-tubi dari meteor dan meteorid.

Dikarenakan suhu bulan saat itu sangat panas, terjadilah peleburan yang sangat dahsyat di permukaan bulan sehingga menyebabkan terbentuknya lubang-lubang besar yang dinamakan 'Maria' dan gunung-gunung tinggi dengan kawahnya yang dinamakan "Craters".

Selanjutnya kawah-kawah tersebut menumpahkan lahar-lahar dalam volume yang sangat besar dan lahar-lahar itu mengisi lubang-lubang besar itu. Gunung-gunung di bulan menjadi tidak aktif dan lahar-lahar berhenti mengalir. Dengan demikian, matilah bulan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut