get app
inews
Aa Read Next : Dukung Penertiban Juru Parkir Liar, Sahroni: Mereka Bisa Dibina dan Dipekerjakan

Begini Cara Naik Kereta Cepat Whoosh Mudah dan Gratis, Yuk Ikut Sebelum Kehabisan Kuota

Senin, 09 Oktober 2023 | 16:39 WIB
header img
Cara naik kereta cepat Whoosh sangat mudah dan siapapun bisa mengaksesnya. Foto: Wahyu Sibarani

Bekasi, InewsBekasi.id - Cara naik kereta cepat Whoosh sangat mudah dan siapapun bisa mengaksesnya. Dalam rangka mempercepat pembangunan dan mempermudah akses masyarakat untuk melakukan perjalanan terutama Jakarta-Bandung, pemerintah menciptakan moda transportasi baru berupa kereta api cepat.

Kereta api cepat ini dapat menempuh waktu perjalanan hingga 350 km per jam. Kereta api cepat ini hasil kerja sama PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dengan pemerintah China dalam pengerjaannya. 

Pemerintah telah melakukan uji coba kereta cepat ini pertama kali pada 3- 7 Oktober 2023 lalu dengan tarif gratis. Selain itu juga mengikutsertakan para publik figur Tanah Air untuk mempromosikan moda transportasi baru ini.

Bahkan masyarakat pun diajak merasakan langsung fasilitas Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Experience Program ini. 

Whoosh Experience Program ini menjadi magnet bagi warga yang ingin mencoba berlibur antara Jakarta-Bandung untuk mencobanya. Tak hanya cepat, layanan ini tak  memakan biaya alias gratis untuk menikmati layanan ini.

Menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim, Senin (2/10/2023).

"Dalam Whoosh Experience Program ini, penumpang mulai dapat memilih tiket kereta yang diinginkan sesuai jadwal perjalanan yang tersedia dan tidak harus pulang pergi (pp), penumpang sudah mulai menggunakan tiket fisik agar dapat melewati gate in dan gate out," ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, belum lama ini.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka Whoosh Experience Program tahap kedua mulai 8-10 Oktober 2023. Tentu ini dilakukan secara gratis setelah melihat suksesnya pelaksanaan tahap pertama yang telah dinikmati ribuan warga Tanah Air.

Cara Naik Kereta Cepat Whoosh dengan Mudah dan Gratis 

Berbeda dari sebelumnya cara naik kereta cepat Whoosh kali ini mempunyai perberdaan yakni, pemesanan tiket menggunakan kode QR yang menjadi kesan tersendiri dalam menikmati layanan ini.

“Kalau kemarin pada saat uji coba operasional itu hanya pendataan nama, kemudian dimasukkan data melalui website KCIC pada saat di masa program untuk Whoosh experience program ini nanti masyarakat meskipun masih gratis ini kita akan mengajak masyarakat mengikuti proses bisnis yang normal," kata GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa.

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati kereta api cepat melalui program Whoosh Experience Program, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Penumpang mendaftar melalui website ticket.kcic.co.id. 
2. Buat akun dengan menekan klik menu "Register". 
3. Isi data diri sesuai identitas penumpang. 
4. Lanjut, beri centang pada kolom "saya sudah baca dan setuju ketentuan layanan dan persetujuan privasi". Lalu klik "submit".
5. Kemudian, login dengan memasukkan email dan password yang sudah didaftarkan lalu, klik "log in". 
6. Lakukan pemesanan tiket kereta cepat gratis. 

Setelah menyelesaikan semua alur pendaftaran penumpang akan mendapatkan  kode QR yang akan memudahkan penumpang saat check in.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut