get app
inews
Aa Read Next : Anak Kekurangan Gizi Rentan Terkena Stunting, Orang Tua Perlu Lakukan Ini

Anak Stunting Berpotensi Berasal dari Orangtua yang Perokok

Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:17 WIB
header img
Peneliti senior Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Center for Food and Nutrition (RECFON) Grace Wangge (kiri) dan Direktur SEAMEO RECFON, Muchtaruddin Mansyur.(Foto: IST)

Untuk itu, dia mendorong agar perlunya pembaruan strategi kampanye dan edukasi nasional mengenai stunting. Target sasaran kampanye dan edukasi diperluas pada seluruh anggota keluarga, penguatan materi dan perbaikan narasi hubungan stunting dan konsumsi tembakau pada keluarga, dan penguatan materi dan perbaikan narasi tentang konsep penyebab stunting.

Juga perlu peningkatan pendampingan perangkat daerah lintas kementerian dalam melakukan kampanye dan edukasi kesehatan nasional, serta perlunya panduan evaluasi yang lebih spesifik dan terarah bagi perangkat daerah mengenai pelaksanaan aksi konvergensi stunting.

Direktur SEAMEO RECFON, Muchtaruddin Mansyur, mengatakan berbagai penelitian membuktikan bahwa keluarga dengan konsumsi rokok mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk anaknya mengalami stunting dan masalah gizi lainnya.

"Pengendalian prevalensi kebiasaan merokok ini sangat penting melalui pendekatan kebijakan yang perlu menjadi perhatian semua pihak," kata Muchtaruddin.

CAPTION Foto:
Peneliti senior Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Center for Food and Nutrition (RECFON) Grace Wangge (kiri) dan Direktur SEAMEO RECFON, Muchtaruddin Mansyur.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut