get app
inews
Aa Read Next : 8 Cara Agar Akun Gmail Tidak Dihapus dan Tetap Aman

Apa Itu Google Takeout, Benarkah Bisa Mencadangkan Data?

Senin, 04 Desember 2023 | 16:59 WIB
header img
Apa itu google takeout? Salah satu platform yang dikembangkan oleh Google yang digunakan untuk memulihkan atau mendownload data yang tersimpan di dalamnya. Foto: iNews.id

BEKASI, INewsBekasi.id - Apa itu google takeout? Salah satu platform yang dikembangkan oleh Google yang digunakan untuk memulihkan atau mendownload data yang tersimpan di dalamnya. Saat ini digitalisasi sedang digalakkan secara besar-besaran, kehadiran Google Takeout dianggap penting oleh pengguna internet. 

Dengan platform ini, Anda tidak perlu khawatir tentang transfer data hanya karena ingin memperbarui perangkat Anda. Dengan kata lain, Google Takeout sudah menawarkan layanan transfer data berbasis digital dan dapat dilakukan dengan cepat.

Apa itu Google Takeout? 

Google Takeout adalah platform pengumpulan data yang memungkinkan pengguna mengimpor dan mengekspor data dari berbagai layanan Google. Sederhananya, Google Takeout mengambil semua data Google yang ada dan menggabungkannya ke dalam satu file yang  dapat Anda unduh. 

Layanan  gratis dari Google ini memungkinkan Anda menyalin data yang tersimpan di Google, termasuk Gmail, Drive, Foto, Kalender, dan lainnya. Pengguna dapat mendownload data dalam berbagai format termasuk ZIP, TAR, dan XML. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk mengunduh jenis data tertentu saja, seperti email, foto, dan video.

Fungsi Google Takeout 

  • Mencadangkan data 

Google Takeout menjadi pilihan untuk mencadangkan data Anda agar berjaga-jaga apabila akun Google hilang, Anda dapat mendownload semua data atau jenis data tertentu saja. 

  • Memindahkan Data ke Layanan Lain

Google Takeout dapat membantu menyalin dan memindahkan data ke layanan lain, seperti Dropbox atau OneDrive. 

  • Memeriksa dan Menganalisis Data Anda 

Google Takeout dapat membantu pengguna untuk menganalisis data. Sehingga pengguna bisa mengunduh data dalam format yang mudah dibaca, seperti CSV atau JSON.
 

Cara Menggunakan Google Takeout 

Proses mudah menggunakan Google Takeout untuk mengunduh data. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka website takeout.google.com 
  • Pilih data yang ingin Anda unduh

(Periksa bentuk format, karena beberapa data yang disajikan mungkin menyertakan opsi. Ukuran data yang didownload akan bertambah tergantung pada layanan yang Anda pilih)

  • Selanjutnya, klik "Langkah Selanjutnya" di bagian bawah halaman
  • Kemudian pilih jenis file, frekuensi, dan tujuan unduhan

Tujuan: Data dapat dikirim melalui email sebagai link download. Pengguna memiliki waktu satu minggu untuk mengunduh file, setelah itu, pengguna perlu membuat tautan unduhan baru. Supaya lebih mudah pengguna bisa menambahka  langsung ke layanan penyimpanan online seperti Drive, Dropbox, OneDrive, atau Box. Ini memudahkan dalam mengunduh dan mengunggah ulang jika tujuan akhir Anda adalah salah satu penyedia penyimpanan ini.

Frekuensi: Anda dapat mengekspor satu kali atau meminta Google Takeout mengekspor secara otomatis setiap dua bulan sepanjang tahun. Saat menentukan pilihan, ingatlah ukuran ekspor data Anda.

Jenis file: Anda dapat memilih ekstensi file ekspor sebagai file ZIP atau file TGZ. Karena paket TGZ cenderung lebih kecil dibandingkan paket ZIP, namun file ZIP lebih baik didukung oleh Windows.

Ukuran file: Karena ekspor diperkirakan besar, Google akan menawarkan untuk membagi ekspor menjadi beberapa file, sehingga memudahkan Anda mengunduh. Anda dapat memilih pemisahan file 1GB, 2GB, 4GB, 10GB, atau 50GB. Perhatikan bahwa Anda memerlukan semua pemisahan untuk mengekstrak file. Jika Anda tidak tahu harus memilih apa, kami merekomendasikan pemisahan 2GB.

Ekspornya diperkirakan besar, jadi Google menyarankan untuk membaginya menjadi beberapa file agar lebih mudah diunduh. Pengguna dapat memilih untuk membagi file menjadi 1GB, 2GB, 4GB, 10GB, atau 50GB. Perlu diingat bahwa semua pemisahan diperlukan untuk mengekstrak file.

  • Setelah memilih, klik "Buat Ekspor" dan Google akan mulai mengekspor data Anda

Setelah mengetahui apa itu Google Takeout, apakah setelah ini Anda akan mencoba? Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut